TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Robot Pertama Riza Muhida Terinspirasi Film Star Wars

"Ya robot ini pertama kali saya buat. Dan untuk bentuknya itu saya terinspirasi dari film-film berteknologi canggih seperti Star Wars"

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Kepala Pusat Studi Mekatronik dan Otomasi Universitas Bandar Lampung (UBL), Riza Muhida, Ph.D, mengatakan selama karirnya di dunia robot, pertama kali membuat robot adalah robot eksplorasi (exploring disaster area) di tahun 2005 lalu.

"Ya robot ini pertama kali saya buat. Dan untuk bentuknya itu saya terinspirasi dari film-film berteknologi canggih seperti Star Wars dan juga robot buatan NASA yang dikirim ke planet Mars," tuturnya, Selasa (10/10/2017).

Robot ini memang diperuntukkan pada daerah bencana seperti gunung merapi, yang berfungsi dapat mengirimkan informasi melalui data video dan sampel material di lokasi bencana.

"Makanya pada komponen robot dipasang kamera juga tangan untuk kirim data yang dibutuhkan. Jadi tidak perlu lagi kirim manusia ke lokasi bencana itu," paparnya.

Proses pengerjaannya cukup lama sekitar enam bulan dengan beberapa kesulitan pada saat itu terkait pencarian komponen dan mengatur jarak komunikasi robot dengan alat kontrol.

"Ya kalau dulu susah mau cari-cari komponen harus sabar carinya. Beda dengan sekarang udah banyak yang nyediain lewat online. Jadi, lebih mudah dan bisa beragam fantasinya," ungkap lulusan S2 Jepang Teknik Elektro Osaka University.

Kemudian, jarak komunikasi pada robot ini waktu itu hanya bisa dikendalikan dari alat kontrolnya sepanjang radius 2 km saja karena mengingat medan yang sulit seperti hutan ataupun gunung.

"Ya cukup lumayan sih ngerjainnya bisanya saya sampai malam-malam sekitar pukul 24.00 wib baru istirahat. Kemudian, bangun lagi jam 4.00 wib untuk melanjutkannya. Tapi kalau sampai begadang ya tidak, karena kita kan butuh untuk istirahat," terangnya.

Proyek robot pertama yang dibuatnya tersebut, sambung Riza, adalah merupakan riset bantuan dari pihak Kementerian Pendidikan Tinggi Negara Malaysia.

"Dan itu berhasil dan sudah di uji coba operasionalkan selama satu hari di Malaysia waktu itu. Jadi ketika untuk beroperasi sudah bisa dipakai. Kalau ada bencana tinggal dikirim saja," ungkapnya. (eka)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help