TribunLampung/

Wisata

Wisata Lampung - Melihat Langsung Proses Pembuatan Makhota Khas Lampung Siger

Tak puas rasanya belibur ke lampung kalau tidak melihat dan mencari pembuatan kopiah emas atau mahkota siger untuk baju adat.

Wisata Lampung - Melihat Langsung Proses Pembuatan Makhota Khas Lampung Siger
Tribunlampung/Dennish
Lisnawati 

 Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tak puas rasanya  belibur ke lampung kalau tidak melihat dan mencari pembuatan kopiah emas atau mahkota siger untuk baju adat. 

Dari rumah di Jalan Komodor Adi Sucipto Gang Santosa 2, Kelurahan Kebunjeruk, Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung, Lisnawati memulai usaha.

Baca: Belum Juga Dikaruniai Momongan? Coba 5 Posisi Bercinta Ini

Proses pembuatan siger ini cukup sederhana. Diawali dari menggambar pola yang akan dibuat. Bahan dasarnya pelat kuningan, kain beludru, hingga motek. Proses berlanjut sampai tahapan pemasangan pernak-pernik di mahkota khas Lampung tersebut.

Kopiah dan Siger
Kopiah dan Siger (Tribunlampung/Dennish)

Dalam sehari, ia mampu mengerjakan 3-5 siger. Produksi dari usaha turun temurun ini sudah menyebar hingga luar kota.  Karya yang dihasilkan dihargai beragam. Mulai ratusan ribu hingga Rp1 juta.

Tidak hanya Siger. Lisnawati dan keluarga juga membuat mahkota dari Jawa hingga Sumatera Barat. Semua tergantung keinginan pemesan yang datang

Untuk harganya sediri  sangat relatif yakni mulai  dari 200ribuan 

Penulis: dennish prasetya
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help