Besok, Dishub Pesisir Barat Buat Jembatan Darurat dari Pohon Kelapa

Besok, Dishub Pesisir Barat Buat Jembatan Darurat dari Batang Kelapa......

Besok,  Dishub Pesisir Barat  Buat Jembatan Darurat dari Pohon Kelapa
Tribunlampung.co.id/HO
jembatan bailey 

Laporan Reporter Tribun Lampung Muhammad Heriza

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,  BANDAR LAMPUNG - Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat bersama warga Pekon Mandiri, Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Barat, berencana membuat jembatan darurat berasal dari pohon kelapa.

Jembatan darurat ini sebagai pengganti jembatan sementara setelah jembatan bailey terputus dan ambruk karena diduga karena dilintasi Mitsubishi Fuso bernopol B 9913 HI, yang bermuatan barang pecah belah dengan berat beban sekitar 14 ton.

Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Pesisir Barat Hendri Dunan, pasca terputusnya jembatan bailey, pihaknya menyebut sudah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (SKPJN) agar segera dilakukan perbaikan.

"Usulan perbaikan sudah kami usulkan ke SKPJN dan saat ini kami tengah menunggu bailey dan sedang dipesan," terang Hendri kepada Tribunlampung.co.id, Jumat, 24 November 2017

Bailey yang dipesan untuk dibangunkan sebagai jembatan, tutur Hendri, dipesan dari Yogyakarta, sebelumnya SKPJN memesan bailey di Sumatera Selatan dan Jakarta, tetapi baileynya kosong dan hanya di Yogyakarta yang ada.

Pemesanan bailey kemungkinan bisa memakan waktu dua pekan bahkan bisa lebih untuk sampai di lampung.

Menurut Hendri, jika dihitung dengan pembongkaran jembatan bailey ambruk dan pemasangan jembatan bailey lagi.

Secara tidak langsung proses perbaikan jembatan bailey di Pekon Mandiri, Kecamatan Krui Selatan, diperkirakan memakan waktu satu bulan lebih.

Saat ditanya berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan, Hendri mengaku tidak mengetahui jumlah anggaran pembelian, termasuk jumlah dana proses selama perbaikan.

"Soal berapa anggaran yang dibutuhkan dan dikeluarkan, itu bukan ranah pemerintah Pesisir Barat, namun ranah kementrian di pusat. Jadi, kami tidak tahu kisaran anggaran yang dikeluarkan," ungkapnya

Terkait rencana pembuatan jembatan darurat dari batang kelapa, Hendri mengatakan, pengerjaannya akan mulai dilakukan besok (Sabtu).

"Hari ini (Jumat) tadi kami sudah mengumpulkan bahan-bahan material dan mudah-mudahhan besok sudah dimulai pengerjaannya, " ungkapnya

Rencana pembuatan jembatan darurat ini, papar Hendri, merupakan bentuk keprihatinan pemerintah Kabupaten Pesisir Barat kepada masyarakat dan pengguna kendaraan yang ingin melintas.

"Langkah-langkah tersebut merupakan kebijakan Pemkab Pesisir Barat, dalam menyikapi dan bentuk keprihatin kepada warganya, agar bisa kembali beraktifitas seperti semula, " pungkasnya

Penulis: Muhammad Heriza
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved