Home »

Metro

Pamer Jarak Kota Luar Negeri di Taman Merdeka, Pemkot Dianggap Miskin Apresiasi Nilai Lokal

Pamer Jarak Kota Luar Negeri di Taman Merdeka, Pemkot Dianggap Miskin Apresiasi Nilai Lokal

Pamer Jarak Kota Luar Negeri di Taman Merdeka, Pemkot Dianggap Miskin Apresiasi Nilai Lokal
Penunjuk arah taman merdeka dan perbandingan via google maps dan google earth pro 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO  - Pembangunan Taman Merdeka kembali menuai kritik dari sejumlah kalangan. Kali ini penunjuk arah yang dalam beberapa hari terakhir menjadi salah satu spot foto para pengunjung.

Ironisnya, penunjuk arah tersebut justru memamerkan kota-kota internasional. Mulai dari London, Paris, New York, Tokyo, hingga Mekah, yang dibuat lengkap dengan jumlah jarak (kilo meter).

Baca: Mohon Bersihkan Pasir Sisa Perbaikan Jalan di Depan Museum

Saat Tribun Lampung mencoba mengecek jumlah jarak dari Taman Merdeka ke salah satu kota yang tertera dengan menggunakan aplikasi Google Maps, ternyata jarak tempuh yang ada sangat jomplang.

Seperti Taman Merdeka dengan London sejauh 14.358 KM dalam Google Maps. Dalam penunjuk arah yang tertera hanya 11.519 KM. Pun demikian saat Tribun cek lewat situs Distance jarak Jakarta ke London mencapai 11.772,06 KM.

Penasaran, Tribun kembali menghitung via Google Earth Pro dengan metode mengukur jarak antara dua titik di tanah, dimana antara Taman Merdeka dengan London berjarak 11.506,15 KM.

Baca: Timnas Indonesia Vs Kirgistan - Pemain Belakang Lawan Nyaris Dibogem Mentah Kiper Timnas

Pegiat bloger Metro Rahmatul Ummah mengaku, adanya penunjuk arah ke kota internasional menunjukkan bahwa pemerintah miskin apresiasi atas nilai-nilai lokalitas. Padahal banyak tempat yang bisa di-up dan tidak kalah menarik di Lampung atau bahkan di Metro.

"Dan pasti berdampak dan memiliki manfaat kalau kita tunjukkan daerah wisata di Lampung dari pada London, Paris, Mekah, dan lainnya. Dimana orang sudah tahu. Itu sama saja kita mengiklankan gratis kota orang ketimbang wilayah sendiri," tandasnya, Rabu (6/12).

Empong dari Komunitas Metro Bergeliat menilai, jarak dan jarak tempuh ada perbedaan. Aplikasi Google Maps biasanya menunjukkan jarak tempuh akurat karena melewati jalur-jalur yang telah ada.

"Kalau mau lucu-lucuan harusnya lebih kreatif. Mestinya wisata keluarga itu bukan hanya melulu objeknya saja, tapi aktivitas warga itu bisa jadi wisata yang menarik. Yang jelas local minded yang betul-betul dari Metro yang digali," imbuhnya.

Sementara Jerry Joel pemilik Cafe Mama Metro menjelaskan, ketimbang mengenalkan kota lain, pemerintah seharusnya membantu membranding produk lokal. Ini sesuai visi misi ekonomi kerakyatan dan pariwisata.

"Lebih baik apa yang kita punya yang dibranding. Kalau kami siap kok. Kalau memang diizinkan, kita siap mengeluarkan kocek pasang penunjuk arah tempat-tempat nongkrong Metro di Taman," tuturnya.

Sementara dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman saat dihubungi nomor Kepala Dinas tidak aktif.

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help