Travel

Wisata Lampung - Tak Kalah dengan yang Lain, Bandar Lampung Juga Punya Air Terjun Cantik

Siapa bilang wisata alam hanya ada di pinggir kota? Kamu akan percaya bahwa ada air terjun yang dekat dengan tengah kota.

Wisata Lampung - Tak Kalah dengan yang Lain, Bandar Lampung Juga Punya Air Terjun Cantik
Tribunlampung/Dennish
Pesona air terjun Batu Putu di Kota Bandar Lampung 

Laporan reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Siapa bilang wisata alam hanya ada di pinggir kota? Kamu akan percaya bahwa ada air terjun yang dekat dengan tengah kota. Ya, karena Air Terjun Batu Putu adalah air terjun yang berada Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung yang dekat dengan Tanjung Karang.

Baca: Gugup Jelang Melahirkan, Sandra Dewi Mengaku Khawatirkan Soal Ini

Letaknya yang tak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung yang hanya membutuhkan waktu 15 menit dan juga tak jauh dari Tanjung Karang yang menempuh waktu 20 hingga 30 menit ini memang menjadi primadona karena letaknya yang mudah dilalui. Jalan yang kamu tempuh adalah jalan beraspal hotmix, lalu dilanjutkan dengan aspal paving blok. Nah, pada saat melewati jalan beraspal paving blok ini jalannya cukup berkelok-kelok.

Baca: Asoka Luxury Hotel Tawarkan Gala Dinner Rp 90 ribu/pax All You Can Eat, Mau?

Air Terjun Batu Putu ini sangat cantik dengan udara sejuk serta panorama pegunungan yang tampak alami. Rentetan pepohonan besar nan rimbun menutupi perbukitan hijau di belakangnya mampu membuat sipa pun yang melihatnya terkesima. Suasananya pun menentramkan, hanya sunyi jauh dari hiruk pikuk perkotaan, meskipun letaknya cukup dekat dengan pisat kota.

Pesona air terjun Batu Putu di Kota Bandar Lampung
Pesona air terjun Batu Putu di Kota Bandar Lampung (Tribunlampung/Dennish)

Daya tarik utamanya tentulah air terjunnya yang masih alami dan tidak banyak dijamah manusia. Fasilitasnya pun memadai. Adanya lampu penerangan di setiap jalan dapat menghilangkan suasana menyeramkan.

Di sini juga terdapat parkir yang luas dan untuk memasuki area air terjun, kamu harus membayar Rp. 5000. Ada pula mushola, WC, kantin serta dilengkapi pula area perkemahan dan jalan setapak. Ada juga fasilitas penyewaan kuda untuk kamu yang ingin berkeliling air terjun dengan menunggangi kuda.

Aliran Air Terjun Batu Putu
Aliran Air Terjun Batu Putu (Tribunlampung/Dennish)

Air Terjun Batu Putu ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai tempat olahraga outbond untuk siswa atau mahasiswa yang sedang berkemah di sini. Karena selain keelokan air terjun dan kebersihan airnya ini, air terjun ini mudah dijangkau oleh para pengunjung.Selain itu akses menuju air terjun tak terkesan menyeramkan dengan adanya lampu penerangan di sisi jalan.

Warung-warung kecil nampak meramaikan tempat di sekitar area masuk Air Terjun Batu Putu. Kamu bisa membeli jajanan khas seperti pisang goreng, kopi, rokok dan lain-lain. Jangan lupa untuk membeli si raja buah Durian di warung kecil ini. Karena warung-warung ini juga menjual hasil panen masyarakat setempat seperti durian, manggis, pisang, singkong dan lain sebagainya.

Pemandangan di malam hari pun tak kalah luar biasa. Kerlap-kerlip lampu di Kota Bandar Lampung ini begitu memukau. Udaranya yang sangat sejuk dengan kerlap-kerlip bintang di langit menjadikan Air Terjun ini begitu sempurna.

Teluk Lampung pun bisa dilihat dari puncak Batu Putu, selain itu keadaan alamnya pun begitu menawan meski di malam hari. Hamparan hijau perbukitan menjadi pemandangan luar biasa yang menemanimu di saat dinginnya malam hari. Apalagi ditambah dengan secangkir kopi dan gorengan yang masih hangat. Sempurna, bukan?

Lokasi Air Terjun Batu Putu

Wisata alam yang satu ini terletak di Desa Batu Putuk yang masuk dalam wilayah Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Tempat ini jadi tempat liburan yang sangat cocok untuk kamu yang mengaku sebagai seorang pecinta alam

Penulis: dennish prasetya
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help