Wisata Lampung

Es Kopi Motokopi, Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima

Bagi yang ingin menikmati sajian kopi dingin berbahan kopi robusta Lampung, Anda bisa mencoba mencicipi menu di lapak jualan kopi unik

Es Kopi Motokopi, Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima
Tribun Lampung/Eka Ahmad Sholichin
Es Motokopi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Achmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bagi yang ingin menikmati sajian kopi dingin berbahan kopi robusta Lampung, Anda bisa mencoba mencicipi menu di lapak jualan kopi unik bernama Motokopi Lampung.

Lapak Motokopi Lampung ini setiap hari biasa mangkal mulai pukul 13.00-17.00 WIB di Jalan H Juanda dan di halaman parkir Lapangan Tenis Pahoman, Bandar Lampung.

Kualitas bean kopi Robusta Lampung yang digunakan dalam setiap penyajiannya tidak kalah bagus dengan kedai atau kafe berkelas di Bandar Lampung. Metode penyeduhannya pun cukup familar di kalangan pecinta kopi yakni V60.

Owner Motokopi Lampung, Adi Cahyadi mengatakan, metode V60 dipilih karena dapat menghasikan kopi tanpa ampas dan secara maksimal mengeluarkan rasa kopi. Proses pembuatannya cukup mudah.

Pertama siapkan biji kopi Robusta Lampung yang sudah dihaluskan. Lalu, siapkan juga air panas dengan suhu 90-92 derajat celsius. Kemudian, siapkan paper filter dan basahi dengan air panas agar menghilangkan aroma paper yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi.

Kemudian, masukan bubuk kopi ke alat V60 yang sudah terpasang paper filter dan tuangkan air panas berulang-ulang dan beri waktu saat bloaming hingga selesai. Sementara itu, siapkan gelas dan masukan es batu secukupnya.

Kopi hasil V60 diberi campuran susu dan sedikit gula. Setelah itu, baru dimasukan ke gelas yang sudah diberi es batu tersebut.

"Ya memang konsepnya agak berbeda karena ingin mengenalkan ngopi yang benar ke masyarakat dengan jemput bola. Nah, kalau harga memang terjangkau seperti Es Kopi (susu) Robusta Lampung, yang dibanderol hanya Rp 10 ribu dan juga ada original Rp 8.000 saja," tutur Adi Cahyadi, Minggu (15/12).

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Gustina Asmara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help