ADVERTORIAL

Layanan Peti Kemas di Panjang Makin Mudah dengan IPC E-Service Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang melakukan peluncuran portal pelayanan jasa petikemas terpadu berupa IPC E-Service

Layanan Peti Kemas di Panjang Makin Mudah dengan IPC E-Service Pelindo
IST
General Manager PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Panjang Ir Mulyadi MM, M.Sc (kanan) menyerahkan secara simbolis layanan e-service kepada pengguna jasa/konsumen Pelindo, Jumat (22/12/2017). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang melakukan peluncuran portal pelayanan jasa petikemas terpadu berupa IPC E-Service, Jumat (22/12/2017) bertempat di Kantor PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang. Di hari yang sama juga diselenggarakan acara "Go Live Celebration E-Service" yang dihadiri oleh asosiasi dan pengguna jasa.

Peluncuran IPC Eservice ini seiring misi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yaitu "Menyediakan, Membangun dan Mengoperasikan Pelayanan Kepelabuhanan dan Logistik secara Terintegrasi, Berkualitas dan Handal untuk Memenuhi Kepuasan Pelanggan dan Mitra”.

"Kami menyadari bahwa penting untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada Pengguna Jasa, yang salah satunya dilaksanakan dengan penerapan E-service. Layanan ini merupakan suatu inovasi yang akan langsung dinikmati oleh pengguna jasa dan memberikan keuntungan diantaranya kemudahan dalam melakukan proses permohonan (order/ booking) dan akses dokumen layanan, tersedianya fungsi penelusuran (tracking dan tracing) petikemas, serta tersedianya fleksibilitas dalam melakukan pembayaran secara online dimana saja dan kapan saja," ujar Ir. Mulyadi, MM., M.Sc, General Manager PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang.

Implementasi portal E-service mencakup enam fungsi utama, yaitu e-Registration, e-Booking, e-Tracking, e-Payment, e-Billing, dan e-Care. Fungsi e-Registration memberikan kemudahan dalam melakukan pengelolaan data Pengguna Jasa. Melalui e-Booking, permohonan layanan jasa petikemas dapat dilakukan secara online.

Tersedianya fungsi e-Tracking membuat Pengguna Jasa dapat melakukan penelusuran petikemas secara online. Kebebasan pemilihan cara pembayaran melalui e-Payment baik secara offline maupun online merupakan nilai tambah yang dibawa oleh fungsi ini. Selain itu, terjalinnya kerja sama dengan Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, serta CIMB Niaga, diharapkan dapat menjaga fleksibilitas dan efektivitas pembayaran layanan.

Sedangkan e-Billing merupakan fungsi yang disediakan untuk melakukan pengelolaan dokumen (berupa nota, pranota, dan kartu layanan). Selain itu, telah tersedianya fungsi e-Care memberikan kesempatan bagi para Pengguna Jasa untuk mengajukan keluhan terkait layanan petikemas dengan mudah dan cepat.

Dalam proses implementasinya, kehadiran portal E-service di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang telah melewati serangkaian aktivitas berupa sosialisasi dan pelatihan yang bertujuan untuk memastikan terobosan ini dapat digunakan oleh Pengguna Jasa dengan lancar tanpa kendala berarti.(adv)

Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help