TribunLampung/

Travel

Wisata Lampung - Asyiknya Snorkeling di Pulau Lunik, Eskotisme Bawah Lautnya Memukau

Kegiatan yang paling menyenangkan adalah snorkeling. Karena memang lokasinya sangat kaya akan terumbu karang.

Wisata Lampung - Asyiknya Snorkeling di Pulau Lunik, Eskotisme Bawah Lautnya Memukau
Tribunlampung/Dennish
Pulau Lunik 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pulau Lunik Lampung, satu dari triple pulau di kawasan Teluk Pidada ini tak kalah cantiknya dengan pulau tetangganya yakni Pulau Lok dan Pulau Balak. Bernama Lunik yang artinya kecil dalam bahasa Lampung, Pulau Lunik mempunyai ukuran terkecil dari kedua pulau tetangganya ini.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar, konon Pulau Lunik Lampung ini dimiliki oleh anak penguasa negeri ini di era tahun 90an. Ini terlihat jelas dari reruntuhan bangunan yang menandakan bahwa di pulau ini pernah terawat dengan baik. Bahkan seluruh tepi pulau telah disemen dengan batu setinggi satu meter.

Baca: Buruan Beli, Sogo Gelar Cardinal Fair Diskon 30-50 Persen

Bangunan yang telah rusak nampaknya merupakan bekas sebuah cottage permanen. Entah mengapa, sampai saat ini lokasi yang cantik ini tidak dikembangkan lagi menjadi sebuah resort wisata yang unik. Bahkan terkesan terbengkalai dan tak terurus. Dan seiring dengan berjalannya waktu, kondisinya pun semakin parah.

Baca: Waspada, Orang yang Tidak Suka Teh Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Sama seperti Pulau Lok dan Pulau Labak, pulau cantik ini juga berpasir putih dan airnya berwarna biru dan jernih. Saking jernihnya, bahkan pemandangan dalam laut dapat terlihat jelas dari permukaan. Pecinta snorkeling tentu sangat berpuas diri menyelam di Pulau Lunik. Dengan keragaman hayati alam bawah lautnya, bakal tidak pernah bosan deh snorkeling di sini.

Pulau Lunik
Pulau Lunik (Tribunlampung/Dennish)

Karena ukurannya yang kecil, pengunjung bisa mengelilingi pulau dengan berjalan kaki. Luasnya kurang lebih hanya seperempat hektar. Aksesnya yang mudah merupakan salah satu alasan untuk wajib mengunjungi Pulau Lunik. Lumayan, bisa sembari berolahraga di pulau kecil yang sepi pengunjung ini.

Kegiatan yang paling menyenangkan adalah snorkeling. Karena memang lokasinya sangat kaya akan terumbu karang. Di sekitaran pantai, terdapat rumput yang tumbuh subur dengan hijaunya. Menambah cantiknya pemandangan di pulau ini. Bisa dapat foto-foto keren kalau berkunjung ke pulau indah ini. Dijamin deh bakal betah berlama-lama.

Pantainya berpasir putih sangat luas membentang. Tak ada dermaga di sini, sehingga jika kamu turun dari perahu, maka kaki kamu akan langsung tercebur ke laut. Momen saat pasir bersama air laut menyusup ke sela-sela jari menambah gelora untuk segera bermain di pantainya yang bersih.

Pulau ini terbilang sangat sepi, tak ada seorang manusia pun yang ada selain pengunjung yang datang. Sangat cocok bagi kamu untuk refresing dari pekerjaan seminggu di kantor. Menghilangkan kepenatan sambil menyepi menikmati keindahan alam. Tidak ada fasilitas pendukung layaknya di Pulau Balak. Kebanyakan pengunjung yang datang hanya singgah sebentar hanya untuk berkeliling pulau lalu melanjutkan perjalanan ke Pulau Balak ataupun Pulau Lok.

Lokasi Pulau Lunik Lampung

Pulau kecil ini masih dalam satu kawasan dengan Pulau Balak dan Pulau Loh. Sama-sama di area Teluk Pidada di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Cara Menuju ke Pulau Lunik Lampung

Dari Bandar Lampung, kamu menuju ke Pelabuhan Ketapang kemudian menyewa kapal untuk langsung menuju pulau dan akan membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Ada pula rute lain yang lebih mudah untuk menjangkau pulau ini yakni dari Bandar Lampung kamu menuju Desa Punduh Pedada dan berhenti di pantai Pengasinan. Dari Pantai Pengasinan ini kemudian menyewa kapal ke pulau Lunik dengan waktu sekitar 15 menit.

Penulis: dennish prasetya
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help