TribunLampung/

Travel

Wisata Lampung - Pulau Pasaran: Sentra Pembuatan Ikan Asin dengan Pemandangan Ciamik

Terletak di ujung Teluk Lampung, tepatnya di tepi kota Bandar Lampung. pulau ini dihuni penduduk sekitar 140 kepala keluarga.

Wisata Lampung - Pulau Pasaran: Sentra Pembuatan Ikan Asin dengan Pemandangan Ciamik
Tribunlampung/Dennish
Keindahan Pulau Pasaran 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -  Bandar Lampung punya pulau yang asyik untuk dikunjungi. Namanya pulau Pasaran, di sini Anda dapat menyaksikan aktifitas nelayan setempat yang beragam. Mulai dari menjala ikan, memancing hingga mengolahnya menjadi ikan asin.

Terletak di ujung Teluk Lampung, tepatnya di tepi kota Bandar Lampung. pulau ini dihuni penduduk sekitar 140 kepala keluarga dengan luas kurang lebih 8 hektare

Baca: Glenn Fredly Makin Lengket dan Mesra dengan Kekasih Barunya, Netizen: Tuwir Dapet ABG

Baca: Hasil Riset: Orang Bertubuh Gemuk Jauh Lebih Bahagia dari yang Langsing, Setuju?

Letaknya ada di kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan ke daratan dengan panjang kurang lebih 100 meter, tetapi jembatan ini hanya bisa dilewati oleh kendaran beroda dua saja.

Pulau ini merupakan tempat sentral pengolahan ikan teri dan ikan asin di provinsi Lampung, sehingga di berbagai penjuru pulau ini diisi oleh area tempat pengolahan dan pengeringan ikan teri dan ikan asin. Pada saat berkunjung ke pulau ini, kita akan disuguhkan aktivitas warga dalam mengelola ikan teri dan ikan asin, serta kegiatan nelayan asli pulau ini.

Penduduk pulau pasaran menjemur ikan asin
Penduduk pulau pasaran menjemur ikan asin (Tribunlampung/Dennish)

Pada saat ini pula, kita bisa bercengkarama dan ikut bantu-bantu nelayan untuk mensortir ikan-ikan yang akan diolah. Sebagian traveler mungkin bosan berkunjung ke tempat -tempat wisata yang ramai dan sudah terkenal, maka dengan berkunjung ke pulau ini, menjadi salah satu solusi untuk berdarmawisata ke kampung nelayan yang jauh dari kegiatan-kegiatan para wisatawan di tempat-tempat wisata.

Bagi para fotografer sangat cocok untuk hunting foto dengan mengabadikan kegiatan para warga atau nelayan di pulau ini. Tidak sedikit para fotografer Lampung berburu foto di pulau ini. Reaksi para warga dan nelayanpun sudah biasa dengan pengunjung yang ingin jalan-jalan saja atau mengabadikan kegiatan mereka.

Salah satu spot foto menarik di Pulau Pasaran
Salah satu spot foto menarik di Pulau Pasaran (Tribunlampung/Dennish)

Selain menikmati kegiatan warga di pulau ini, kita bisa menikmati indahnya pemandangan laut dan pemandangan kota Bandar Lampung dilihat dari teluk Lampung. Di kala senja atau pagi hari, keindahan pulau Pasaran akan makin lengkap dengan adanya matahari terbit atau tenggelam.

Suasana di pulau ini makin seru dengan adanya kegiatan anak-anak asli pulau yang bermain di sekitar pantai dan juga aktivitas warga yang sedang memancing. Suasana terasa sangat indah dengan duduk santai di tepi pantai, sambil menikmati hembusan angin laut dan menyaksikan hilir mudik perahu kecil.

Bagi Anda yang suka berselfie ria dapat berfoto di jembatan penghubung pulau Pasaran ke daratan pulau Sumatra. Selain itu juga, di sekitar jembatan ini dipenuhi oleh tanaman mangrove, sehingga menambah suasana lebih asri yang nampak.

Akses untuk ke pulau ini yaitu dengan arah menuju ke pasar Teluk Betung. Kemudian dari Pasar Teluk Betung, menuju arah Ke pasar Cimeng. Sebelum sampai ke pasar Cimeng, sebaiknya tanya ke warga setempat arah ke pulau Pasaran karena jalan ke pulau ini hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua saja.

Penulis: dennish prasetya
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help