Diskes Sebut Lampung Masih Nihil Difteri

Data yang terkumpul sampai Jumat malam (29/12/17), sudah ada 13 kasus suspect Difteri dengan rentang umur pasien dari 3 tahun sampai 74 tahun.

Diskes Sebut Lampung Masih Nihil Difteri
net
difteri 

Laporan Reporter Tribun Lampung Yoga Noldy Perdana

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Kepala Seksi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Asih Hendrastuti mengatakan, sampai saat ini di Lampung tidak ada wabah (nihil) Difteri.

Data yang terkumpul sampai Jumat malam (29/12/17),  sudah ada 13 kasus suspect Difteri dengan rentang umur pasien dari 3 tahun sampai 74 tahun.

Baca: Andika Kangen Band Sebut-sebut LGBT dan Banci saat Wawancara, Salah Satunya?

 “Ada 12 sampel pasien suspect difteri yang sudah kami kirim ke Jakarta untuk diperiksa. Enam sampel sudah keluar hasilnya, ternyata negatif difteri, sementara sisanya belum keluar. Jadi sementara sampai saat ini di Lampung masih Nihil Difteri. Dengan posisi sekarang pasien suspect difteri yang dirawat di ruang Isolasi RSUAM ada empat orang,”ujar Asih.

Baca: Bupati Samsul Hadi Berpesan Silakan Ruwatan Laut, Tapi Nelayan Jangan Lupakan Ini

Asih juga mengatakan,  pencegahan difteri sejauh ini dilakukan dengan dengan cara Imunisasi. Ini merujuk pada  kebijakan Kementerian Kesehatan terhadap Provinsi Lampung tentang  penguatan terhadap imunisasi dasar.

 “Imunisasi dasar dilakukan sebanyak 3 kali kepada bayi, dan anak umur kurang dari dua tahun sebanyak 1 kali. Kami mengimbau  orangtua yang memiliki bayi dan balita kurang dari dua tahun agar menghitung kembali berapa jumlah imunisasi yang sudah diterima oleh anaknya,  kemudian  segera dilengkapi,” ujar Asih.

Penulis: Yoga Noldy Perdana
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help