Home »

Metro

Kota Metro Kekurangan Guru Untuk Mata Pelajaran Ini

Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) tenaga pendidik di Kota Metro saat ini mencapai sebanyak 2.579

Kota Metro Kekurangan Guru Untuk Mata Pelajaran Ini
(KOMPAS.com/Budi Baskoro)
ilustrasi guru 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) tenaga pendidik di Kota Metro saat ini mencapai sebanyak 2.579.

Rinciannya, guru TK sebanyak 819 orang, guru SD 1.023 orang dan guru SMP berjumlah 737 orang.

Baca: Deynica Welirang, Putri Orang Terkaya di Indonesia Meninggal Dunia setelah Merayakan Ulang Tahun

"Jadi dengan adanya pengurangan guru akibat memasuki masa pensiun, tidak terlalu berdampak, karena masih ada guru di sekolah lain yang dapat mengisi kekurangan tersebut dengan menambah jam mengajar," terang Fatnawati, Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Metro, Jumat, 29 Desember 2017.

Misal ada salah satu guru SMP yang sudah memasuki masa pensiun, maka solusinya guru yang lain yang masih mengajar terhitung 24 jam bisa mengisi kekurangan yang pensiun dengan mata pelajaran yang sama.

"Karena saat ini kan batas maksimal guru mengajar hingga 40 jam kerja dalam seminggu. Sehingga hal tersebut bisa mengatasi persoalan kekurangan guru akibat memasuki masa pensiun," jelasnya.

Fatnawati mengungkapkan, kebutuhan tenaga pendidik akibat guru yang akan pensiun tidak terlalu banyak, namun hanya kekurangan pada mata pelajaran tertentu saja seperti agama, BK, Seni, Mulok Bahasa Lampung, dan terutama guru kelas untuk SD.

"Ya jadi hanya kekurangan guru mata pelajaran tertentu saja, akan tetapi kita sudah atasi dengan mengajukan ke BKPSDM (Badan Kepegawaiaan Pengembangan Sumber Daya Manusia) terkait data kekurangan tersebut dan sudah kita serahkan nanti sesuai yang dibutuhkan saja," pungkasnya.

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help