Di Kabupaten Ini, 6.000 Kepala Keluarga Dapat Beras 10 Kg per Bulan Gratis

Sebanyak 6.000 kepala keluarga di Kabupaten Mesuji akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram per bulan.

Di Kabupaten Ini, 6.000 Kepala Keluarga Dapat Beras 10 Kg per Bulan Gratis
Tribun Lampung/Dodi
Ilustrasi beras 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ENDRA ZULKARNAIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Sebanyak 6.000 kepala keluarga di Kabupaten Mesuji akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram per bulan. Mereka memperoleh bantuan beras ini secara gratis.

Sasaran bantuan beras gratis tersebut untuk tahun 2018 ini. Pemkab Mesuji akan membagikannya kepada rumah tangga sasaran yang belum mendapatkan bantuan beras sejahtera alias rastra (dahulu bernama beras miskin alias raskin).

"Enam ribu kepala rumah tangga sasaran yang belum dapat rastra, akan dapat beras 10 kg per bulan, gratis," ujar Bupati Mesuji Khamami melalui ponsel, Minggu (7/1).

Tak hanya beras, ada beberapa bantuan lainnya yang turun untuk warga tidak mampu. Namun, karena terbatasnya dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, maka bantuan untuk kebutuhan lainnya akan mengucur secara bertahap.

"Untuk kebutuhan lainnya, bergantian. APBD Mesuji sangat terbatas. Program yang lain cukup banyak," kata Khamami.

Bagi anak yatim piatu dengan usia maksimal 12 tahun dari keluarga tidak mampu, akan mendapatkan beras 5 kg per bulan. Bantuan ini menyasar kepada 1.000 anak yatim piatu. "Ada juga uang saku Rp 200 ribu per bulan untuk setiap anak," imbuh Khamami.

Di bidang pendidikan, guru SD dan SMP berstatus tenaga honorer yang telah memperoleh surat keputusan dari bupati, akan mendapatkan Rp 1 juta per orang setiap bulan. "Dapat juga pakaian olahraga dan asuransi kecelakaan," ujar Khamami.

Adapun siswa-siswi SD dan SMP negeri akan memperoleh bantuan perlengkapan sekolah. Sementara pondok pesantren yang memiliki santri paling sedikit 20 orang, akan mendapatkan bantuan operasional pondok sebesar Rp 1 juta per bulan.

Bantuan lainnya adalah perbaikan rumah yang tidak layak huni bagi orang tua jompo atau sangat tidak mampu. Nilainya Rp 32 juta per rumah, yang akan menyasar 400 unit rumah.

"Rumah papan milik keluarga tidak mampu yang sudah memiliki bahan material, dapat bantuan Rp 15 juta per rumah untuk pemasangan material yang ada," kata Khamami.

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help