Perbaikan Jalan, Siapa Berikan Rasa Aman pada Pengendara?

Siapa yang bertanggung jawab memberikan rasa aman kepada pengendara ketika jalan sedang dalam tahap perbaikan?

Perbaikan Jalan, Siapa Berikan Rasa Aman pada Pengendara?
Tribunlampung/Eka
perbaikan jalan raden saleh 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepada Yth Tribun Lampung. Siapa sebenarnya yang bertanggung jawab memberikan rasa aman kepada pengendara ketika jalan sedang dalam tahap perbaikan dan sebagainya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Pengirim: +6285779854xxx

Pemerintah Ikut Tanggung Jawab

Jika mengacu pada UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009, pemerintah selaku penyedia halan ikut serta bertanggung jawab terhadap keselamatan pengguna jalan dan memastikan bahwa pengguna jalan terjamin keselamatan, kenyamanan, dan juga ketertibannya.

Dari beberapa peristiwa lakalantas yang terjadi beberapa waktu lalu, jika diamati penyedia jalan tidak secara cermat, tegas, dan tertib menyiapkan jalan yang nyaman bagi masyarakat.

Ketika jalan itu misal sedang ditambal, diaspal ulang, dikeruk, seharusnya penyedia jalan memastikan bahwa jalan tersebut benar-benar bisa dilalui dan bisa menimbulkan rasa nyaman.

Ketika ada galian yang prosesnya sembarangan diakibatkan keteledoran dan ketidakhati-hatian yang dilakukan pihak penyedia jalan, dalam hal ini siapa yang tanggung jawab? Pada UULAJ jelas siapa pihak yang bertanggung jawab. Di situ ada pemkot, pemprov, dan pusat.

Pemkot dalam hal ini harus benar-benar menjamin bagaimana pengguna jalan tidak menderita akibat dari pengerjaan atau perbaikan jalan tersebut.

YUSDIYANTO
Akademisi FH Universitas Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help