Pilgub Lampung, Herman HN-Sutono Sudah Diprediksi Sejak November 2017

Herman HN dan Sutono tidak ujug-ujug muncul sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Lampung.

Pilgub Lampung, Herman HN-Sutono Sudah Diprediksi Sejak November 2017
Istimewa
Inilah desain kalender 2018 bergambar Herman HN-Sutono. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Herman HN dan Sutono tidak ujug-ujug muncul sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Lampung. Isu keduanya akan berduet sudah mencuat setidaknya mulai November 2017 lalu.

Tribun pun pernah mengangkat berita tentang wacana Herman bergandengan dengan Sutono. Tepatnya di koran edisi 22 November 2017. Ketika itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan baru mengeluarkan surat tugas kepada Herman untuk mencari balon wakil gubernur serta partai mitra koalisi.

Herman saat itu telah menyetor empat nama pilihan balon wakil gubernur ke DPP PDI Perjuangan. Tiga nama dari internal partai berlambang kepala banteng moncong putih, satu nama dari eksternal.

Sempat mengemuka isu Herman akan berpasangan dengan beberapa nama. Seperti, Edi Irawan Arief yang kalah dalam Pilkada Lampung Barat 2017. Ada pula rumor wali kota Bandar Lampung ini akan berduet dengan Ananda Tohpati, putra Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Namun, isu Herman-Sutono lah yang akhirnya menjadi kenyataan. Gambar Herman-Sutono ketika itu beredar di media sosial pada Selasa (21/11/2017). Adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Bandar Lampung Wiyadi yang mengunggah foto Herman bareng sekretaris Provinsi Lampung tersebut di akun Facebook-nya, Didit Wiyadi.

Saat dikonfirmasi Tribun, Wiyadi tidak menjelaskan secara detail mengenai unggahan foto Herman dan Sutono. Penelusuran Tribun, setidaknya ada tiga akun Facebook atas nama Wiyadi. Pertama, akun "Wiyadi Didit" yang tidak aktif dan hanya memiliki sembilan teman. Kedua, akun "Wiyadi Sp" yang terakhir mengunggah foto dan status pada 24 Agustus 2016. Ketiga, akun "Didit Wiyadi" yang terakhir mengunggah foto Herman dan Sutono pada Selasa (21/11/2017) siang.

Melalui pesan WhatsApp, Wiyadi hanya menjawab singkat soal unggahan foto Herman dan Sutono.

"Kebetulan saya kenal dengan keduanya," kata ketua DPRD Bandar Lampung ini, Selasa (21/11/2017) malam.

Mengenai apakah Sutono yang akan menjadi balon wakil gubernur mendampingi Herman, Wiyadi tidak berkomentar.

"Makan dulu ya, belum makan (malam)," ujar Wiyadi.

Begitu beredar di Facebook, foto Herman dan Sutono tersebut menuai banyak komentar dari warganet. Akun "Muchammad Rifai" misalnya, percaya bahwa foto itu benar. Alasannya, orang yang mengunggahnya adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Bandar Lampung Wiyadi.

"Klo ketua yg upload, bkn hoax ini. Wkwk," tulis akun Muchammad Rifai.

Liaison Officer atau penghubung Herman HN dalam Pilgub Lampung 2018, Rakhmad Husein, menilai opini yang berkembang di media sosial terkait pilgub adalah dinamika.

"Soal Herman-Sutono, Herman dengan si A, dengan si B, itu biasa. Yang jelas, Pak Herman sudah melaksanakan surat tugasnya. Pak Herman sekarang menunggu keputusan DPP," kata Husein. (beni yulianto/yoso muliawan)

Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help