200 Ribu Warga Tanggamus Umur 1-19 Tahun Siap-siap Imunisasi Ulang Difteri

Dinas Kesehatan Tanggamus menyatakan bakal ada imunisasi ulang bagi warga berusia 1-19 tahun untuk cegah penyakit difteri.

200 Ribu Warga Tanggamus Umur 1-19 Tahun Siap-siap Imunisasi Ulang Difteri
net
difteri 

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Kesehatan Tanggamus menyatakan bakal ada imunisasi ulang bagi warga berusia 1-19 tahun untuk cegah penyakit difteri.

Baca: Cewek Cantik Ini Meninggal Saat Tadarus, Sang Ayah Ungkap Fakta Memilukan Ini

Menurut Bambang Sutejo, Kasi Surveillance dan Imunisasi, imunisasi ulang massal atau disebut outbreak response immunization (ORI). Di Lampung tiga kabupaten wajib menggelarnya yakni Pringsewu, Tanggamus, dan Lampung Utara.

"Sedangkan enam kabupaten/kota lain juga imunisasi ulang tapi hanya di lokasi yang ada kasus difterinya dan cuma sesuai stok vaksin yang ada," ujar Bambang, Senin, 8 Desember 2018.

Baca: Tahun Ini, Robot Seks Pria dengan Onderdil Bionik hingga Berbagai Ukuran Mulai Dijual!

Namun untuk waktunya belum ditentukan sebab butuh stok vaksin, alat suntik dan lainnya yang didatangkan dari pusat. Sedangkan enam kabupaten/kota lain, pertengahan bulan ini mulai.

Perkiraan target di Tanggamus pada bulan Februari karena untuk pencegahan penyakit. Diskes sudah koordinasi dengan puskesmas, posyandu, rumah sakit. Jangan sampai ada satu orang pun yang terlewatkan.

"Untuk gambaran pelaksanaan, bagi siswa dilakukan di sekolah. Sedangkan sudah lulus, tidak sekolah, sudah menikah akan berkoordinasi dengan pemkab, Dinas Sosial, serta kecamatan, pekon, PKK di lokasi masing-masing," terang Bambang.

Sedangkan warga Tanggamus usia 1-19 tahun diperkirakan sebanyak 200 ribu jiwa. Tenaga medisnya yang terlibat minimal 575 tenaga yang miliki sertifikat STL.

Imunisasi ini gratis, dan harus genap tiga kali, dengan jarak, imunisasi pertama, lalu satu bulan kemudian, dan enam bulan berikutnya.

Untuk usia 1-5 tahun akan diberi vaksin DPT-Hb, usia 5-7 tahun diberi vaksin DT, usia 7-19 tahun diberi vaksin TD, semua masing-masing tiga kali. (tri yulianto)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved