TribunLampung/

Rumah Makin Cantik dan Nyaman dengan Paduan Lantai Vinyl

Tampilan rumah yang eye-catching tentunya akan semakin apik dengan padu padan corak dari segala sisi rumah

Rumah Makin Cantik dan Nyaman dengan Paduan Lantai Vinyl

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tampilan rumah yang eye-catching tentunya akan semakin apik dengan padu padan corak dari segala sisi rumah. Salah satunya adalah lantai yang ternyata tak hanya bisa dibiarkan polos begitu saja. Selain menambahkan karpet maupun kombinasi furniture lainnya, anda juga bisa menghasilkan tampilan apik di lantai menggunakan pelapis lantai itu sendiri.

Baca: PKPI Merapat ke Kubu Herman-Sutono

Untuk melapisi lantai anda, salah satu material yang bisa digunakan adalah vinyl, selanjutnya disebut lantai vinyl. Dijelaskan oleh Owner Anasya Wallpaper Suci Arfanesti, lantai vinyl atau disebut juga Laminated Vinyl Tile adalah pelapis pijakan lantai selain keramik yang berbahan dasar PVC (bahan untuk plastik) dan memiliki kelenturan yang lebih baik dibanding material lantai lainnya.

Baca: Herman HN: Kali Ini Leher Saya Diperiksa

Karena bentuknya yang cukup ringkas dan pemasangannya yang sangat mudah, maka produk ini dapat langsung diaplikasikan tanpa membongkar media pasang antara lain keramik, granit, lantai semen halus dan sejenisnya.

"Vinyl adalah jenis pelapis lantai yang terbilang baru. Sebelumnya, masyarakat itu mengenal Laminated Flooring dengan material kayu. Sayangnya, pelapis lantai dengan material kayu ini memiliki kelemahan, yaitu apabila kena air misalnya, bakal gampang keropos," jelasnya saat ditemui Tribun, Kamis (11/1) siang.

Suci menambahkan, dibanding dengan material kayu, kelebihan vinyl adalah pada permukaannya yang lebih halus sehingga lebih nyaman dipijak. Vinyl terbuat dari material anti air dan mampu bertahan dengan rentang 10 - 15 tahun karena mampu menahan kotoran serta air.

Adapun jenis - jenis vinyl bila dilihat dari ukurannya antara lain vinyl dengan ketebalan (2 milimeter dan 3 milimeter), panjang 91,5 sentimeter dan lebar 15 sentimeter untuk vinyl lembaran. Semakin tebal vinyl maka akan semakin nyaman untuk dipijak. Untuk vinyl dalam bentuk lembaran, beberapa merek sudah menyediakannya lengkap dengan lem pada setiap lembaran sehingga dapat langsung diaplikasikan.

Selain dalam bentuk lembaran, lantai vinyl juga tersedia dalam bentuk gulungan, biasanya dengan ukuran lebar 1,5 meter atau 2 meter. Sehingga disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing. Sementara untuk motif, rata - rata adalah bercorak serat kayu dan granit dengan warna cokelat, abu - abu dan lainnya.

Mengapa lantai vinyl lebih praktis? Suci menjelaskan, setidaknya ada tiga alasan. Pertama, lantai vinyl mudah dibongkar pasang tanpa menghabiskan biaya, cukup dengan bersihkan bekas lemnya saja. Kedua, karena sifatnya yang mudah dibongkar pasang dan bentuknya tipis tapi ketahanannya baik, lantai ini bila dirawat dengan baik dan benar bisa tahan 10 - 15 tahun. Ketiga, tentu saja karena harganya sangat terjangkau.

"Untuk motif pada dasarnya tergantung selera masing - masing. Tapi untuk rumah tangga biasanya motif serat kayu paling favorit dengan ukuran ketebalan 2 milimeter untuk memberikan kesan lebih natural ke dalam rumah. Sedangkan untuk perkantoran rata - rata pakai vinyl dengan ketebalan 3 milimeter," imbuhnya.

Sementara untuk padu padan furniture, lantai vinyl sangat cocok untuk semua furniture, tinggal padu padan warnanya saja. Untuk perawatan pun tidak terlalu repot asalkan pemasangan awalnya baik. "Kuncinya pada pemasangan, kalau bagian dasarnya kurang rapat atau kurang rata hasilnya bisa kurang bagus. Bersihkan juga terlebih dulu sebelum pemasangan," lanjut Suci.

Sedikit memberikan gambaran bagi anda yang ingin mengaplikasikan lantai vinyl di rumah, Suci menjelaskan, bahwa Anasya Wallpaperyang beralamat di Jalan Kimaja 2 (depan Lada V/TK Al - Azar samping RM. Pemuda Semarang), Way Halim menyediakan lantai vinyl ketebalan 2 milimeter dengan harga Rp 200 ribu per meter (termasuk pemasangan) dan Rp 250 ribu per meter (termasuk pemasangan) untuk ketebalan 3 milimeter.

"Kalau beli materialnya saja harganya Rp 170ribu/meter, tersedia beragam motif mulai dari serat kayu dan granit. Pemasangan bisa di dalam maupun luar kota Bandar Lampung. Selengkapnya bisa datang langsung ke Anasya Wallpaper, buka setiap hari pukul 08.30 - 17.30," pungkas Suci. (ana)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help