TribunLampung/

Care of Lampung, Ajang Sumber Daya Budaya

Menurut dia, selain sumber daya manusia dan sumber daya alam, Lampung memiliki sumber daya budaya.

Care of Lampung, Ajang Sumber Daya Budaya
tribunlampung/perdi
Putri Indonesia Lampung Feriska tampil dalam Care of Lampung di GSG Unila, Jumat (12/1/2018). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pergelaran Care of Lampung yang dihelat di GSG Universitas Lampung, Jumat (12/1/2018), dianggap sebagai ajang penampilan sumber daya budaya Lampung.

Hal ini diungkapkan ketua pelaksana kegiatan Hasyim Kan. Menurut dia, selain sumber daya manusia dan sumber daya alam, Lampung memiliki sumber daya budaya.

"Sesuai dengan tema The Past of Feature, kita menuju budaya Lampung menjadi top ten di dunia," sebutnya.

Baca: BERITA FOTO: Putri Indonesia Lampung Tampil Cantik di Care of Lampung

Oleh sebab itu, Prodi Seni Tari dan Musik FKIP Unila tidak hanya terus menggali budaya melalui gelaran ini, melainkan juga berusaha mendapat pengakuan dari dunia.

"Tidak lain agar budaya kita dapat tercatat di badan dunia UNESCO. Jadi bukan hanya dari panggung ke panggung, tapi di dunia," katanya.

Untuk itu, Hasyim meminta dukungan dari Pemkot Bandar Lampung dan Pemprov Lampung untuk terus menggali potensi budaya Lampung.

Baca: Care of Lampung, Didik Nini Thowok Jadi Penampil Pamungkas

"Saat ini yang tampil adalah sebagian budaya Lampung, dan terwakili dari grup, komunitas, hingga tingkat pendidikan dari TK sampai universitas," tutupnya.

Rektor Unila Hasriadi Mat Akin menuturkan, budaya adalah kekayaan bangsa. Semakin tinggi budaya, semakin tinggi karakter bangsa.

"Di tengah multietnis, kita mempunyai kewajiban, yakni budaya Lampung bisa sejajar dengan budaya lain di Indonesia," katanya.

Menurutnya, kearifan lokal Lampung mempunyai harga tinggi. Maka dari itu, ia menyambut baik Care of Lampung.

"Karena ini ekspresi budaya yang tinggi, maka budaya Lampung harus diduniakan, dengan terus digali. Jangan sampai digempur oleh budaya Barat," tutupnya. (*)

Penulis: hanif mustafa
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help