Rencana Bikin Rest Area di Tulangbawang, Warga Inginkan Ikon Khas Lokal

Satu di antara beberapa gebrakan bupati-wakil bupati baru Tulangbawang adalah rencana membangun rest area.

Rencana Bikin Rest Area di Tulangbawang, Warga Inginkan Ikon Khas Lokal
TRIBUN LAMPUNG/TRI YULIANTO
Rest Area Taman Gisting di Tanggamus. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ENDRA ZULKARNAIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Satu di antara beberapa gebrakan bupati-wakil bupati baru Tulangbawang adalah rencana membangun rest area. Setidaknya ada tujuh titik yang sudah terinventarisasi sebagai lokasi pembangunan rest area.

Titik-titik itu mulai dari kawasan Astra Ksetra Menggala, perbatasan dengan Lampung Tengah. Kemudian Tugu Garuda, depan Terminal Menggala. Lalu, Kawasan Cakat Raya. Hingga Simpang Penawar, Unit 2, perbatasan dengan Mesuji.

Bagaimana respons warga? Beberapa warga berharap Pemkab Tuba membangun rest area yang memiliki ciri khas lokal. Warga menginginkan adanya ikon khas Tuba yang selama ini belum tampak.

"Selain mempercantik wajah daerah, ikonnya nanti jangan lepas dari nilai-nilai luhur dan ciri khas Tuba. Bisa juga mencerminkan keragaman warga Tuba," ujar Rusli, warga Menggala, Jumat (12/1). "Ketika orang luar masuk, mereka akan punya kesan tersendiri," sambungnya.

Budi, warga Banjar Agung, bahkan berharap rest area dan tugu hasil pembangunan nanti bisa menjadi obyek wisata baru bagi warga. Dengan begitu, Tuba juga akan semakin terkenal di luar daerah.

"Dengan adanya ikon baru nanti, kami berharap orang-orang lebih mengenal Tuba. Orang akan berkesan saat ke Tuba. Kita jangan sampai kalah dari kabupaten lain," kata Budi.

Anggota DPRD Tuba Novi Marzani menyarankan ornamen pada ikon baru nanti mengedepankan kearifan lokal Bumi Nengah Nyappur. Hal ini, menurut dia, penting untuk mengangkat nilai budaya Tuba.

"Pastinya, ikon itu harus punya nilai seni, berlatar belakang budaya lokal," ujarnya.

Novi berharap keragaman budaya di Tuba muncul pada ornamen ikon nanti.

"Selain menjadi tempat rekreasi keluarga, ikon baru nanti juga bisa jadi tempat wisata budaya warga lokal maupun luar. Ini pasti akan mempercantik wajah daerah," jelas Ketua Fraksi Gerakan Indonesia Raya Gerindra DPRD Tuba ini.

Bupati Tuba Winarti bersama Wabup Hendriwansyah telah meninjau beberapa lokasi calon rest area dan tugu, Kamis (11/1) lalu. Satu di antaranya Simpang Penawar, Unit 2.

"Simpang Penawar, Unit 2, akan ditata. Dibangun rest area dan tugu untuk ikon Tuba," kata Winarti.

Pemkab berharap beberapa rest area tersebut bisa mempercantik wajah Tuba. Mulai dari perbatasan dengan Lamteng hingga Mesuji. Pengecekan pun dilakukan agar pemkab mendapat gambaran utuh untuk perencanaan.

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help