(VIDEO TEASER) - Tes Kesehatan Bisa Gugurkan Pencalonan Gubernur

Tiga pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Lampung menjalani tes kesehatan, Kamis (11/1/2017)

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tiga pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Lampung menjalani tes kesehatan hari ini, Kamis (11/1/2017). Ketiganya yakni, Mustafa-Ahmad Jajuli, Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, serta Herman HN-Sutono.

Paslon Mustafa-Aja yang datang paling awal menjalani tes kesehatan jasmani. Setidaknya ada 32 item kesehatan yang diperiksa, termasuk pemeriksaan tes urine yang menentukan apakah paslon mengonsumsi zat-zat narkotika.

Kemudian, paslon Ridho-Bachtiar Basri menjalani tes kejiwaan. Ada sekitar 500 soal yang harus dijawab keduanya. Sementara paslon Herman HN-Sutono menjalani tes kesehatan yang sama dengan paslon Mustafa-Ahmad Jajuli.

Tes kesehatan sendiri meliput tes jasmani, kejiwaan dan psikologi. Ketiga jenis tes ini dilaksanakan di tiga hari yang berbeda. Tes ini bersifat wajib dan hasil pemeriksaan ini akan menjadi penentu apakah paslon berlanjut pada Pilgub Lampung atau tidak.

"Tes kesehatan ini jadi syarat seluruh bakal pasangan calon. Wajib diikuti seluruh bakal pasangan calon karena jadi salah satu prasyarat. Pelaksanaan tes kesehatan ini KPU bekerjasama dengan IDI (Ikatan Dokter Indinesia) Provinsi Lampung, BNN (Badan Narkotika Nasional), Himpsi (Himpunan Psikologi), dan RSUAM (Rumah sakit umum Abdul Moeloek)," kata Komisioner KPU Lampung, M Tio Aliansyah, ditemui di kantor KPU Lampung, Kamis (11/1).(*)

Apa kata KPU, Bawaslu dan pihak terkait soal tes kesehatan yang dijalani para bakal calon gubernur dan wakil gubernur Lampung ini dan bagaimana kelanjutan tesnya? Simak laporan lengkapnya pada Koran Tribun Lampung, edisi Jumat, 12 Januari 2018.

Penulis: dennish prasetya
Editor: Safruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help