Raup Untung dengan Budi Daya Cacing

Adam sadar bahwa membudidayakan cacing sebenarnya bukan sekadar mendapat penghasilan tetapi juga baik bagi lingkungan.

Raup Untung dengan Budi Daya Cacing
TRIBUNNEWS
Adam menunjukkan cacing yang sedang diternak siap panen. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Bermodal kemauan belajar dan kesungguhan, warga Sukun, Kota Malang ini sukses membangun usaha budi daya cacing. Kini, omzetnya menyentuh angka ratusan juga rupiah per bulan.

Tak pernah terpikir di benak Abdul Azis Adam Maulida (40) untuk membudidayakan cacing. Setelah keluar dari pekerjaannya di sebuah perusahaan kimia tahun 2010, sarjana teknik industri ini sempat menganggur selama setahun. Saat jobless, dia pergi ke Semarang untuk belajar cara membudidayakan belut.

"Saat belajar ternak belut itulah saya pertama kali kenal cacing. Cacing adalah makanan terbaik belut," kata Adam beberapa waktu lalu.

Adam memilih mundur dari menjadi peternak belut. Gagal di usaha ternak belut, Adam banting setir dan mencoba beternak sapi dengan menggandeng peternak sebagai mitra kerja. Tetapi, lagi-lagi ia kurang berhasil, sebab kalau tidak jeli, ternak juga kadang sering mati.

Cacing Lumbricus Rubellus
Cacing Lumbricus Rubellus (net)

"Dari pengalaman itu saya mengambil kesimpulan, usaha apa pun, apalagi yang berurusan dengan makhluk hidup, harus konsisten dan berkelanjutan," imbuhnya. Tetapi, lagi-lagi ia kurang berhasil, sebab kalau tidak jeli, ternak juga kadang sering mati.

Adam akhirnya menetapkan hati untuk serius beternak cacing. Proses yang cukup simpel mendorongnya untuk mulai mengembangkan budi daya cacing jenis lumbricus rubellus, tahun 2013.

Baca: Pengantin Pria Pingsan Usai Peluk Sang Mantan yang Membawakan Lagu Menyayat Hati

"Ya, pokoknya learning by doing lah," katanya sambil tertawa. Cacing hasil ternaknya dan cacing pasokan masyarakat dia pasarkan ke peternak ikan dan udang di kawasan Banyuwangi hingga Tuban (Jawa Timur).

Dalam perjalanannya, Adam sadar bahwa membudidayakan cacing sebenarnya bukan sekadar mendapat penghasilan tetapi juga baik bagi lingkungan.

Makanan dasar cacing adalah semua jenis limbah nonkimia sehingga keberadaan cacing sangat dibutuhkan bagi keseimbangan alam.

Halaman
12
Tags
Cacing
Editor: muhammadazhim
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved