Gawat! 89 Anak Jadi Korban Seksual di Lampung Tengah

Lembaga Perlindungan Anak Lampung Tengah mencatat hingga akhir 2017 pihaknya menangani 89 kasus kekerasan seksual yang melibatkan anak.

Gawat! 89 Anak Jadi Korban Seksual di Lampung Tengah
Net
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

GUNUNGSUGIH, TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung Tengah mencatat hingga akhir 2017 lalu pihaknya menangani sebanyak 89 kasus kekerasan seksual yang melibatkan anak di bawah umur.

Jumlah tersebut lanjut Ketua LPA Eko Yuwono, lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun 2016 yakni 83 kasus. Persoalan pengetahuan perlindungan anak dianggap masih menjadi persoalan utama meningkatnya angka kekerasan seksual terhadap anak.

"Untuk tahun lalu (2017) jumlahnya (kasus seksualitas anak) lebih tinggi, namun angka anak yang hamil karena kasus seksualitasnya lebih rendah yakni 14 kasus. Sementara di 2016 angka anak yang hamil sebanyak 19 kasus," terang Eko Yuwono, Kamis (18/1/2018).

Untuk itu, pihaknya mengimbau terkait penanganan dan perlindungan terhadap anak supaya lebih jauh mendapat perhatian dari pemerintah melalui dinas terkait. Harapannya, supaya kasus serupa dapat lebih ditekan di tahun ini.

Eko mengatakan, perlu ada pembelajaran seksualitas terhadap anak, sehingga mereka mempunyai pengetahuan terkait mana saja bagian sensitif yang harus mereka lindungi. Dengan begitu, anak akan lebih bisa menjaga diri dan menjaga jarak dengan orang dewasa.(*)

Tags
LPA
Penulis: syamsiralam
Editor: muhammadazhim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help