Wisata Lampung

Air Terjun di Bendungan Batu Tegi

Siapa tak mengenal Bendungan Batu Tegi? Konon bendungan berlokasi di Pekon Batu Tegi

Air Terjun di Bendungan Batu Tegi
Tribun Lampung/Teguh Prasetyo
Air Terjun di Batu Tegi 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Teguh Prasetyo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Siapa tak mengenal Bendungan Batu Tegi? Konon bendungan berlokasi di Pekon Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung ini pernah menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara.

Ternyata, ada satu surga tersembunyi lain bisa dinikmati saat berkunjung ke Batu Tegi. Itu pun belum banyak khalayak mengetahuinya. Surga tersembunyi itu adalah terdapat air terjun tepat berada di tepian danau. Sumber air jatuh langsung menuju tepian danau.

Tribun Lampung bersama teman dari Lemes Traveler sempat mengunjungi air terjun oleh masyarakat setempat diberi nama Air Terjun Tambang Emas. Label nama itu sejatinya saat ditanyakan kepada warga, mereka tak begitu jelas menyebutkan alasannya.

Mungkin saja dulunya sebelum menjadi bendungan, terdapat tambang emas di sini. Atau bisa jadi air terjun ini dulunya merupakan aliran sungai yang menjadi tambang emas yang dulu pernah ada.

Menuju ke air terjun tak sulit. Setiba di Bandungan Batu Tegi, arahkan kendaraan menuju areal Jetty atau di dermaga Jetty. Kemudian setelah parkir kendaraan, dilanjutkan menyewa perahu milik warga. Biaya sewa perahu Rp 75 ribu-100 ribu saja.

Perjalanan selamat 15 menit di atas perahu, sangat mengasyikan. Terlebih air di Bendungan Batu Tegi sangat tenang. Tak ada riak gelombang besar. Meski begitu, tetap harus berhati-hati karena kedalaman dari bendungannya sangat dalam sehingga tetap jaga sikap selama di atas perahu.

Batu Tegi, Lampung
Batu Tegi, Lampung (Tribun Lampung/Teguh Prasetyo)

Tiba di Air Terjun Tambang Emas, perahu agak menepi di bebatuan yang ada di aliran jatuhnya air. Airnya begitu dingin dan menyegarkan. Namun kami tidak mandi di bawah guyurannya, hanya sekadar menikmati keindahan alam sambil berfoto saja.

Menurut Dayu, mahasiswi asal Jambi yang datang ke Air Terjun Tambang Emas, air terjun ini sangat indah. Ia mengakui sangat jarang bisa menjumpai fenomena alam seperti ini.

"Seperti di Danau Toba ada air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke danau. Begitu juga air terjun ini. Sangat puas banget bisa menginjakkan kaki ke sini," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: teguh_prasetyo
Editor: Gustina Asmara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help