Home »

Metro

Advertorial

Pemkot Metro Raih Dua Penghargaan Nasional

Selamat kepada OPD yang mendapat penghargaan dari MENPAN RB sebagai Role model penyelenggara pelayanan publik

Pemkot Metro Raih Dua Penghargaan Nasional
Istimewa
Wali Kota Metro A. Pairin Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada DPMPTSP Kota Metro 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID METRO - Pemerintah Kota Metro kembali meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (Sakip) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Kemenpan RB) RI, Rabu (31/1).

Dalam arahannya, Menpan RB Asman Abnur mengatakan, Sakip dapat mewujudkan efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah dan juga menyusun tujuan dan sasaran yang jelas serta berorientasi pada hasil.
"Dan saya ingin memberikan apresiasi kepada beberapa Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi yang telah mengimplementasikan e-budgeting di lingkungan pemerintahnya masing-masing," ujarnya saat memberi penghargaan di Convention Center Nusa Dua Bali.

Wakil Wali Kota Metro Djohan Menerima Penghargaan SAKIP
Wakil Wali Kota Metro Djohan Menerima Penghargaan SAKIP (Istimewa)

Untuk memantau implementasi pembangunan Sakip serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah, Kemenpan RB setiap tahun melaksanakan evaluasi implementasi Sakip. Evaluasi tersebut memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori, bukan dalam rangka mengkompetisikan instansi pemerintah, namun memetakan tingkat implementasi atas manajemen kinerja masing-masing instansi.

Hasil evaluasi SAKIP pada tahun 2017 khususnya di Wilayah II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai evaluasi pada Kabupaten/Kota menjadi sebesar 56,40 meningkat 4,59 poin dari tahun 2016 yaitu sebesar 51,81. Namun demikian, 81 Kabupaten/Kota atau 54,05 persen dari total seluruh Kabupaten/Kota di Wilayah II mendapat nilai di bawah B.

Kemenpan RB memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kabupaten/Kota yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi. "Mari secara terstruktur berkinerja untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia yang lebih baik dan sejahtera," imbuhnya.

Minggu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro kembali meraih penghargaan pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Kemen PAN RB), Rabu (24/1).

Penghargaan diberikan kepada Unit-unit Pelayanan Publik Kabupaten/Kota Role Model se-Indonesia tersebut, merupakan reward atas kinerja penyelenggaraan pelayanan publik yang diamanahkan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Adapun OPD Pemkot Metro yang menerima penghargaan di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai Role Model Pelayanan Publik kategori “Sangat Baik”, Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai Role Model Pelayanan Publik kategori “Baik Dengan Catatan”, dan RSUD Ahmad Yani sebagai Role Model Pelayanan Publik kategori “Baik”.

Sekretaris Kota (Sekkot) Metro Natsir AT mengatakan, OPD yang telah menerima penghargaan tersebut agar terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanannya. Sehingga apa yang dicapai setiap tahunnya akan terus meningkat dan semakin baik, yang tentu akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat di Kota Metro.

Metro
Metro (Istimewa)

"Karena apa yang dicapai adalah amanah yang harus kita pertanggung jawabkan," ujarnya mewakili Pemkot Metro menerima penyerahan penghargaan di Ruang Serba Guna Kemenpan RB.

Terkait berturut-turut mendapat penghargaan, Wali Kota Metro Achmad Pairin dan Wakil Wali Kota Djohan meminta organisasi perangkat daerah (OPD) setempat terus meningkatkan kinerja dan tidak cepat berpuas diri.
"Selamat kepada OPD yang mendapat penghargaan dari MENPAN RB sebagai Role model penyelenggara pelayanan publik. Tapi jangan cepat puas. Harus ditingkatkan," pungkas Wali Kota. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help