Polres Metro: Masyarakat Harus Lebih Jeli Transaksi Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, lanjut Try, penipuan dengan modus jual beli daring pun semakin marak.

Polres Metro: Masyarakat Harus Lebih Jeli Transaksi Online
Tribunnews
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Polres Metro mengimbau masyarakat agar lebih waspada untuk menghindari penipuan melalui media sosial (medsos), maupun perangkat lain secara online.

Kasatreskrim Polres Metro Ajun Komisaris Try Maradona mengatakan, medsos maupun jual beli secara online saat ini sedang menjadi primadona, dan telah menjadi kebutuhan masyarakat. Hal itu tampak dari banyaknya masyarakat yang menggunakan transaksi online.

Baca: Maju Pilkada, 2 Anggota DPRD Ini Tak Terima Gaji Lagi Bulan Depan

"Mulai dari mencari teman, berbinisnis, maupun belanja. Tapi perlu diingat, sekarang banyak terjadi kasus tindak kejahatan terjadi dengan modus penipuan lewat media online. Ini harus diwaspadai," ungkap Try, Jumat, 2 Februari 2018.

Seiring dengan perkembangan teknologi, lanjut Try, penipuan dengan modus jual beli daring pun semakin marak. Kerugian yang diakibatkan bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Baca: Buntut Kasus Penahanan Ijazah, DPRD Metro Minta Pemprov Buat Perda Peralihan SMA

Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar lebih jeli saat bertransaksi secara daring. "Jika bermaksud membeli suatu barang secara online, lebih jeli dan teliti dalam melakukan transaksi. Apalagi jika, barang yang ditawarkan lebih murah dari harga pasaran. Apakah itu situs bisa dipertanggungjawabkan? Jadi, jangan mudah terlena," kata Try.

Menurut Try, pihaknya telah menginstruksikan Bhabinkamtibmas supaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait jual beli daring. Hal itu agar masyarakat terhindar dari aksi penipuan. (*)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help