Secara Medis Sebenarnya Apa yang Terjadi Saat Mata Kedutan?

Kata orang tua, mata kedutan di bagian mata kanan atau kiri punya makna tertentu. Secara medis sebenarnya apa yang terjadi pada mata saat kedutan?

Secara Medis Sebenarnya Apa yang Terjadi Saat Mata Kedutan?
Oik Yusuf/Kompas.com
Kacamata pintar Google Glass 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Kata orang tua, mata kedutan di bagian mata kanan atau kiri punya makna tertentu. Secara medis sebenarnya apa yang terjadi pada mata saat kedutan?

Dilansir dari Realsimple.com, Dave Patel, asisten profesor ophthalmology di Mayo Clinic menjelaskan mata kedutan adalah reflek otot kelopak mata untuk melindungi mata dari stimuli asing.

"Biasanya mata yang kedutan adalah respon terhadap ancaman. Tetapi ketika ini terjadi di fase istirahat, kedutan bisa mendatangkan ketidaknyamanan," ujarnya.

Baca: Prabowo Angkat Bicara, Ajudannya Tewas Ditembak Tidak Jelas

Bagaimana cara menghentikan mata kedutan ? Berhentilah melakukan apa pun yang sedang dikerjakan dan beristirahatlah dengan mata tertutup. Kekeringan pun dapat menyebabkan kedutan jadi kompres dingin mata kemudian diberi obat tetes mata.

Baca: Heboh, Wanita Ini Tidur, Mandi, hingga Cuci Baju di Gerai McD

Rudrani Banik, associate professor ophthalmology dari New York Eye and Ear Infirmary, Mount Sinai New York City merekomendasikan menyimpan obat tetes mata di lemari es untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Penyebab lainnya bisa jadi kurang istirahat atau kelelahan. Kedutan bisa terjadi pula ketika stres, lelah atau kebanyakan minuman berkafein. Jika Anda menatap layar komputer seharian, upayakan untuk istirahat secara teratur.

Hindari menggosok mata menggunakan ujung jari, karena dapat memindahkan bakteri atau kotoran yang dapat mengenai mata. "Kapan pun kita menggosok mata, ada risiko kecil kita menggosok permukaannya," kata Patel.

Ketika kedutan terus terjadi atau mulai mengenai mata sebelahnya, segera konsultasi ke dokter mata. Kedutan aneh itu bisa jadi gejala Parkinson's, autisme, Bell's palsy atau cedera pada kornea.

Penulis: Dhorothea

Editor: soni
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help