Sambut Imlek, Ini Aneka Hidangan yang Identik dengan Perayaan Tahun Baru China

Dalam tradisi Tionghoa, perayaan Imlek identik dengan makan bersama. Maknannya adalah ungkapan kebersamaan dan keutuhan keluarga.

Sambut Imlek, Ini Aneka Hidangan yang Identik dengan Perayaan Tahun Baru China
Thinkstock
Dalam tradisi Tionghoa, perayaan Tahun Baru Imlek identik dengan makan bersama sebagai ungkapan kebersamaan dan keutuhan keluarga. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Tahun Baru China atau Imlek akan berlangsung pada 16 Februari ini.

Dalam tradisi Tionghoa, perayaan Imlek identik dengan makan bersama. Maknannya adalah ungkapan kebersamaan dan keutuhan keluarga. Makan malam pun menjadi bagian yang esensial dari perayaan ini.

Setiap sajian pada acara makan bersama saat perayaan Tahun Baru Imlek memiliki makna dan filosofi masing-masing. Harapannya, hal tersebut akan membawa kebaikan dan kemakmuran bagi mereka yang menikmatinya.

Menurut Aji Chen Bromokusumo, seorang pakar kuliner Tionghoa, ada beberapa kuliner yang identik dengan perayaan Imlek, beserta makna dan filosofinya masing- masing. Antara lain berikut ini.

Makanan Pembuka

Makanan pembuka yang beragam seperti udang mayonaise, irisan daging sapi, dan ubur-ubur, memiliki makna keunikan.

Banyak juga yang menyantap Telur Pitan atau Thousands Years Egg, telur yang telah mengalami fermentasi. Telur ini melambangkan panjang umur dan kesehatan.

Biasanya, makanan pembuka adalah makanan yang berupa kombinasi makanan panas dan makanan dingin.

Bebek Panggang

Bebek panggang sebenarnya tidak memiliki makna tertentu. Namun, makanan ini tetap dianggap spesial, karena tidak disajikan setiap saat di meja makan.

Halaman
123
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help