Gajah Tewas Mengenaskan di Way Kambas, Ini Komentar Kapolda Lampung

Pelakunya sedang kami telusuri dan sedang diselidiki oleh polisi, termasuk melacak dimana gading gajah tersebut dijual.

Gajah Tewas Mengenaskan di Way Kambas, Ini Komentar Kapolda Lampung
Gajah liar di Way kambas ditemukan mati mengenaskan. (dok. Tim Patroli TNWK Lampung Timur) 

Laporan Reporter Tribun Lampung Muhammad Heriza

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kematin gajah betina yang tewas diduga karena dibunuh pemburu liar mendapat respon Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Suntana.

Atas kejadian tersebut, Kapolda Lampung Suntana menyatakan sudah menerjunkan tim untuk membantu penyelidikan petugas Polres Lampung Timur.

“Saya sudah dapatkan laporannya, kemudian menerjunkan anggota dan saat ini kasusnya sedang diselidiki,” tutur Kapolda Lampung Suntana seusai penandatangan Kesepakatan Bersama Pilkada Damai, di Mapolda, Selasa, 13 Februari 2018.

Dalam penyelidikan tersebut, menurut Kapolda Lampung Suntana, polisi menggandeng petugas Polisi Kehutanan (Polhut). 

“Pelakunya sedang kami telusuri dan sedang diselidiki oleh polisi, termasuk melacak dimana gading gajah tersebut dijual,” bilangnya.

Kematian gajah betina di TNWK, Kapolda Lampung Suntana menilai, ada keterlibat perbuatan pelaku sindikat, dugaan tersebut lantaran gading gajah sudah tidak ada lagi.

“Harga gading gajah kan sangat majal, jadi ini yang diburu oleh para pelaku dan pelaku tidak sendirian,” ujarnya

Pembunuhan hewan satwa di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung kembali terjadi.

Seekor gajah ditemukan tak bernyawa, Senin, 12 Februari 2018.

Bangkai gajah ditemukan saat tim Polisi Kehutanan (Polhut) dan RPU tengah melakukan patroli di kawasan SPTN wilayah III Kuala Penet Resor TNWK.

Kapolsek Labuhan Ratu, Polres Lampung Timur Ajun Komisaris Siswanto membenarkan pristiwa penemuan bangkai Gajah itu.

Menurut Siswanto, saat ini tim Polhut dengan aparat kepolisian tengah melakukan penyelidikan atas kematian gajah tersebut.

"Dugaan polisi sementara, gajah betina itu mati diduga dilakukan oleh pemburu liar," terang Siswanto mewakili Kapolres Lamtim AKBP Yudi Chandra, Selasa, 13 Februari 2018.

"Dari hasil TKP, di tubuh gajah ditemukan 5 bekas luka tembakan, di bagian dada dan kepala gajah. Kemudian gigi dan gading gajah sudah tidak ada lagi," katanya. 

Penulis: Muhammad Heriza
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help