Mudik Imlek, Pria Ini Berlari 211 Kilometer ke Kampung Halaman

Pulang kampung alias mudik memang menjadi semacam kewajiban bagi banyak orang, terutama pada hari-hari besar keagamaan.

Mudik Imlek, Pria Ini Berlari 211 Kilometer ke Kampung Halaman
SCMP
Pan Sanchu berlari 211 kilometer ke kampung halamannya untuk mudik Imlek. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BEIJING - Pulang kampung alias mudik memang menjadi semacam kewajiban bagi banyak orang, terutama pada hari-hari besar keagamaan.

Di China, perayaan Tahun Baru atau Imlek menjadi ajang mudik besar-besaran jutaan warga negeri itu.

Biasanya, para pemudik menggunakan sarana transportasi umum untuk menyambangi kampung halamannya. Namun tidak dengan Pan Sanchu. Ia memiliki cara tersendiri untuk mudik.

Pria berusia 42 tahun ini memilih berlari. Pemilik sebuah tempat pijat di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, ini menghabiskan waktu sekitar 27 jam untuk tiba di kampung halamannya di Tintai, juga di Provinsi Zhejiang, yang berjarak 211 kilometer dari Hangzhou.

Apa apasan Pan Shancu memilih cara tak lazim ini untuk mudik?

"Saya pikir, berlari lebih menyenangkan ketimbang naik bus atau mengemudikan mobil sendiri. Selain itu, saya bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalan," kata Pan kepada surat kabar harian Qianjiang Evening News.

Untuk memulai perjalanannya, Pan berangkat pada Kamis (8/2/2018) sekitar pukul 04.15 waktu setempat. Ia kemudian tiba di tujuan keesokan harinya pada pukul 07.00 waktu setempat.

Pan sebenarnya bisa tiba di rumah lebih cepat. Namun, ia memutuskan berhenti untuk makan semangkuk mi beberapa jam dari tujuan akhirnya.

Ternyata, Pan sudah kerap melakukan lari jarak jauh. Meskipun demikian, ia menganggap perjalanannya kali ini amat melelahkan.

"Saya pernah ikut lomba ultramaraton sejauh 130 kilometer dengan waktu 16 jam dan 28 menit. Dan, saya merasa baik-baik saja," tutur Pan.

Halaman
12
Editor: yoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help