TribunLampung/

Museum Kekhatuan Semaka Simpan Keramik Dinasti Tan dan Meriam untuk Radin Inten

Museum Mini Kekhatuan Semaka di Pekon Sanggi Unggak, Kecamatan Bandar Negeri Semong Tanggamus menyimpan benda-benda sejarah

Museum Kekhatuan Semaka Simpan Keramik Dinasti Tan dan Meriam untuk Radin Inten

Laporan Wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Museum Mini Kekhatuan Semaka di Pekon Sanggi Unggak, Kecamatan Bandar Negeri Semong Tanggamus menyimpan benda-benda sejarah dari gerabah sampai alat perang.

Menurut pemiliknya Abu Sahlan, bangunan itu menyimpan benda-benda leluhurnya. Dia adalah Pangeran Punyimbang Ratu Semaka, keturunan ke-13 Ratu Tunggal Balak Kuasa yang merupakan raja Kekhatuan Semaka.

Baca: Kenapa Masih Terjadi Kasus Orangtua Menyiksa Anak Sendiri

Di sini tersimpan benda-benda kuno umumnya barang pecah belah, mulai peralatan makan dari keramik sampai gerabah. Barang-barang tersebut tersimpan dalam empat lemari kaca dan sisanya masih ditumpuk.

"Di dalamnya ada benda dari Kesultanan Banten, baju perang, keramik Dinasti Tang abad 11, keramik lainnya dari kerajaan Tumasek (Singapura) dan dari sisa kolonialisme Belanda," ujar Abu, Kamis 15 Februari 2018.

Pria ramah ini lantas menerangkan Keratuan Semaka adalah salah satu kerajaan di Teluk Semaka antara abad 15 sampai 18. Dulunya tempat keratuan di Tanjung Burnai yang sekarang jadi Pantai Tanjungan, Pematang Sawa.

Baca: Ini Alasan Mengapa BPOM Larang Obati Sariawan Pakai Albothyl

Beberapa kali sempat pindah namun memasuki abad 18 menetap di lokasi yang kini sebagai tempat museum mini. Kekhatuan Semaka berjaya pada abad 15 sampai 18.

Dulu Kekhatuan Semaka awalnya menampung penduduk atau pihak kerajaan Sekala Brak Buai Anak Tumi atau kerajaan Sekala Brak kuno. Saat itu kekuasaannya ditumbangkan kelompok yang kemudian mendirikan Sekala Brak Paksi Pak.

Halaman
12
Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help