Jalan bak Kubangan, Warga Perbatasan Tulangbawang Barat-Way Kanan Timbun Lumpur Pakai Batang Kelapa

Jalan di perbatasan Kabupaten Tulangbawang Barat-Way Kanan, Provinsi Lampung, rusak parah.

Jalan bak Kubangan, Warga Perbatasan Tulangbawang Barat-Way Kanan Timbun Lumpur Pakai Batang Kelapa
Tribun Lampung
Jalan di perbatasan Tulangbawang Barat-Way Kanan ini rusak berat. Jika hujan, jalan menjadi berlumpur. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ENDRA ZULKARNAIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Jalan di perbatasan Kabupaten Tulangbawang Barat-Way Kanan, Provinsi Lampung, rusak parah. Jalan berubah bak kubangan kerbau jika hujan turun.

Warga perbatasan Tubaba-Way Kanan, tepatnya Tiyuh Gedung Ratu, Kecamatan Tuba Udik, pun mengeluhkan kondisi tersebut. Jika orang menganggap musim hujan adalah berkah, maka warga setempat tak sepenuhnya menikmati berkah tersebut.

"Setiap musim hujan, jalan yang menghubungkan Tiyuh Gedung Ratu, Tubaba, dengan Kampung Negeri Besar, Way Kanan, ini seperti kubangan kerbau," jelas Asep Priyadi, warga setempat, Kamis (22/2/2018).

"Ada sekitar 30 meter ruas jalan di RK 6 Tiyuh Gedung Ratu yang berlumpur saat hujan turun," imbuhnya.

Warga setempat terpaksa menimbun sementara lumpur jalan tersebut secara swadaya. Ini agar kendaraan roda dua dan roda empat bisa melintas.

Warga urunan membeli batang kelapa untuk menimbun lumpur. Batang kelapa itu sekaligus menjadi pijakan bagi kendaraan agar tidak terjebak dalam kubangan lumpur.

"Kami antusias menimbun jalan yang rusak parah ini. Kami sumbangan beli batang kelapa untuk jadi pijakan supaya kendaraan roda dua dan roda empat bisa lewat," tutur Asep.

Menurut Asep, kondisi jalan yang berstatus jalan kabupaten tersebut sudah beraspal lapisan penetrasi alias lapen.

"Tapi, itu (lapen) cuma di empat titik. Titik terparah (kubangan lumpur) ada di RK 6 Tiyuh Gedung Ratu. Kalau hujan begini, pengendara sangat sulit melintasi jalan ini," jelas Asep.

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help