Bupati Pesisir Barat Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Lamban Gedung Karya Kartadilaga

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Lamban Gedung Karya Kartadilaga.

Bupati Pesisir Barat Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Lamban Gedung Karya Kartadilaga
Istimewa
Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal meletakkan batu pertama pembangunan kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang, Sabtu (24/2/2018). 

Bupati Pesisir Barat Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Lamban Gedung Karya Kartadilaga

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ANUNG BAYUARDI

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dan rombongan menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang, Sabtu (24/2/2018).

Acara ini bertempat di Pekon Sukamarga, Kecamatan Pulau Pisang, Pesbar. Kedatangan bupati dan rombongan disambut prosesi adat arak-arakan dan tarian adat Sai Batin.

Dalam sambutannya, Agus Istiqlal mengapresiasi pembangunan kembali Lamban Gedung Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang. Ia berharap pembangunan Lamban Gedung menampilkan ciri khas adat, khususnya siger.

"Di Negeri Para Sai Batin dan Ulama ini harus menunjukkan bahwa kita menjunjung tinggi harkat martabat kaum wanita," ujar Agus merujuk rilis yang diterima Tribun Lampung.

"Masyarakat juga jangan malu menggunakan bahasa Lampung sebagai identitas," imbuh bupati definitif pertama di Pesbar ini.

Suntan Hidayatullah Kartadilaga Gelar Demung Tinggi Laksana X yang merupakan Sai Batin Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang dalam sambutannya berterimakasih dan mengapresiasi kepedulian bupati terhadap kelestarian adat, khususnya masyarakat adat Pulau Pisang.

"Masyarakat adat Marga Pulau Pisang harus bersinergi bersama pemerintah untuk bersama-sama melestarikan adat istiadat, budaya, bahasa, dan semua potensi kearifan lokal demi menunjang kelancaran program pemerintah di segala bidang, khususnya pariwisata," pesannya.

Suntan Hidayat juga sempat menjelaskan tentang sejarah dan asal-usul Sai Batin Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang.

Dalam rombongan bupati, hadir Kepala Dinas Kesehatan Bambang, Kepala Dinas Perhubungan Hendri Dunan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abror, Kepala Dinas Urusan Peranan Wanita dan Anak Munzir Ali, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Nursin Chandra, Kepala Dinas Pariwisata Audi Marpi, Camat Pulau Pisang Mizwar, dan Peratin se-Kecamatan Pulau Pisang.

Sementara dari perangkat adat, hadir Raja-Raja Suku Sai Batin Karya Kartadilaga Marga Pulau Pisang dan rombongan Sangmuarian Kartadilaga dari berbagai daerah. Di antaranya sesepuh dan keluarga besar Kartadilaga yang berdomisili di Jakarta dan Bandar Lampung, yakni Inciknda Lela Suhardjo dan putranya, Heru, Aryusmar, Reza Maulana Tanwir, Rahman, Riyana, Mambang Hertadi, Jon Tasripin Mastar, Tazkir Efendi, Riyana, Nara Supardi, dan lainnya.

Penulis: anung bayuardi
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help