Makmum Belum Selesai Baca Surah Alquran, Imam Sudah Rukuk

Saya melaksanakan salat berjamaah dan posisinya menjadi makmum. ketika belum selesai membaca surah Alquran, imam sudah melakukan rukuk atau sujud.

Makmum Belum Selesai Baca Surah Alquran, Imam Sudah Rukuk
tribunnews
Ilustrasi Salat 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUG - KEPADA YTH MUI Lampung. Saya melaksanakan salat berjamaah dan posisinya menjadi makmum namun ketika belum selesai membaca surah Alquran, imam sudah melakukan rukuk atau sujud.

Sebaiknya apakah kita memutus membaca surat tersebut atau tetap melanjutkan baca surat dengan resiko ketinggalan dari imam. Terimakasih atas perhatiannya.

Baca: Hebat, Baru 8 Tahun Gadis Cilik Ini Sudah Hafal 5 Juz Alquran

Pengirim: +6285779854xxx

Harus Langsung Rukuk Ikuti Imam

Baca: Ngeri! Pengakuan Mantan Istri Deddy Corbuzier Bikin Chika Jadi Sosok Jahat Banget Bagi Netizen

KAMI terangkan bahwa dalam salat ada rukun dan sunah. Kalau rukun adalah perbuatan yang wajib dikerjakan. Rukun dalam salat ada yang sifatnya bacaan dan ada yang sifatnya gerakan.

Rukun yang sifatnya bacaan adalah seperti membaca surat Al-Fatihah. Maka dalam salat baik sendiri atau berjamaah wajib membaca surat Al-Fatihah sampai selesai, tapi jika bacaan surat setelah membaca Al-Fatihah hukumnya sunah.

Sehingga jika kita jadi makmum dalam posisi sedang membaca surat Alquran (selain surat Al-Fatihah) dan masih masih di tengah-tengah surat (semisal membaca surat Al-Qori'ah) namun imam rukuk maka kita harus langsung rukuk mengikuti gerakan imam, tidak menyempurnakan bacaan surat tersebut.

Karena membaca surat termasuk sebagian dari sunah dalam salat dan mengikuti gerakan imam dalam salat berjamaah termasuk sebagian dari syarat berjamaah.‬

KH. MUNAWIR
Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help