Home »

Techno

» News

Bocah Aceh Ini Ubah Kedondong Jadi Listrik

Bekerja sama dengan PT Pertamina EP, kini listrik kedondong Naufal telah mampu menerangi 20 rumah di kampung halamannya.

Bocah Aceh Ini Ubah Kedondong Jadi Listrik
Istimewa
Naufal Raziq, bocah yang mampu mengubah buah kedondong menjadi energi listrik. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mulai dari kentang, mangga, belimbing, asam jawa, hingga akhirnya pada kedondong pagarlah Naufal Raziq menyempurnakan temuannya.

Remaja asal Langsa, Aceh, itu berhasil mengubah kandungan asam pada pohon tersebut menjadi energi listrik.

Inovasinya itu bermula saat ia duduk di bangku sekolah dasar pada 2004 lalu. Sebuah tugas mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) memandunya bereksperimen untuk menghasilkan energi listrik dengan cara sederhana, yakni mengubah kandungan asam pada kentang.

Remaja yang kini berusia 16 tahun itu menyadari bahwa semakin tinggi kadar asam yang dikandung sumber listrik tersebut maka semakin kuat tegangan dihasilkan.

Baca: Ini Sanksi Atas Bocornya 1 Juta Data Pengguna Facebook di Indonesia

Baca: Kesal Videonya Disensor, Wanita Ini Tembaki Kantor YouTube

Percobaan demi percobaan terus dilanjutkan hingga ia menemukan media yang paling tepat, yakni spodias pinatta alias pohon kedondong pagar.

Dengan memanfaatkan empat buah pohon kedondong, Naufal mendapat energi listrik yang bisa menyalakan sebuah lampu.

Diberitakan Tribunnews, Jumat (19/5/2017), temuan yang telah dipatenkan pada 2017 lalu itu kemudian menarik minat pemerintah.

Bekerja sama dengan PT Pertamina EP, kini listrik kedondong Naufal telah mampu menerangi 20 rumah di kampung halamannya di Desa Tampur Paloh, Aceh Timur, yang memang belum sepenuhnya dialiri listrik. (*)

Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help