Ribuan DPS Diduga Bermasalah, Begini Cara KPU Lampung Menanggapinya 

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung masih menunggu masukan sejumlah pihak, terkait masalah daftar pemilih sementara

Ribuan DPS Diduga Bermasalah, Begini Cara KPU Lampung Menanggapinya 
Dodi Kurniawan
Pilgub Lampung 

Laporan Wartawan Tribun Lampung : Romi Rinando

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung masih menunggu masukan  sejumlah pihak,  terkait masalah daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan gubernur dan  wakil gubernur Lampung tahun 2018.

“Sampai saat ini kami masih menunggu masukan  Panwas, masyarakat, termasuk dari tim paslon terkait DPS. Kalau ada masukan klarifikasi silakan disampaikan. Nanti masukan  akan diklarifikasi, dicocokan dengan data yang ada,” kata  Anggota KPU Lampung  Handi Mulyaningsih, Rabu (11/04/2018)

Baca: Fakta-fakta yang Bikin Prabowo Galau dan Bimbang untuk Bertarung di Pilpres 2019

Menurut dia, masukan dan perbaikan terhap DPS yang masih TMS (tidak memenuhi syarat) yang disampaikan masyarakat panwas maupun tim paslon harus dilengkapi data dan bukti berupa KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), pengecekan dan klarifikasi yang dilakukan bisa dibuktikan kebenarnya.   

Baca: Kisah Sumanto Si Pemakan Mayat yang Buat Kesal Pengasuhnya Gara-gara Burung

Handi Mulyaningsih menjelaskan DPS hasil perbaikan dari PPS sudah  berada di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk  dilakukan perbaikan, untuk mengcek nama ganda, orang yang sudah meninggal,  nama yang belum terdfatar  sehingga masih ada kesempatan  masyarakat yang  belum terdaftar untuk masuk DPT.

Pasalnya kata dia, dari hasil verifikasi di tingkat PPS masih ditemukan sekitar  5 ribu DPT ganda per kabupaten /kota kecuali Kota Metro.  “Saat ini sedang diteliti di tingkat PPK, kalau jumlah DPT ganda itu perkabuaten kota bisa sampai 5 ribu nama, kecuali kota Metro,  jadi semua belum final,” jelasnya. (*)

Penulis: Romi Rinando
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help