TribunLampung/

BREAKING NEWS LAMPUNG

Survei Calon Senator Versi Rakata, Ternyata Sosok Ini Ungguli Andi Surya dan Anang Prihantoro

Semua populasi pemilih di masing-masing dapil memiliki kesempatan sama untuk terpilih sebagai responden.

Survei Calon Senator Versi Rakata, Ternyata Sosok Ini Ungguli Andi Surya dan Anang Prihantoro
Tribun Lampung/Beni Yulianto
Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto menjelaskan hasil survei di Kafe Wiseman, Pahoman, Bandar Lampung, Kamis, 12 April 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Rakata Institute menggelar survei calon anggota DPD RI asal Lampung. Periode survei pada 2-7 April 2018.

“Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Lampung yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau kurang dari 17 tahun tetapi sudah menikah ketika survei dilakukan,” kata Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto dalam rilis hasil survei di Kafe Wiseman, Pahoman, Bandar Lampung, Kamis, 12 April 2018 sore.

Dalam survei ini, kata dia, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 480 responden untuk dapil Lampung 1 dan 520 responden untuk dapil Lampung 2.

Baca: Makam Dibongkar untuk Autopsi, Ibunda Yogi: Kami Ingin Keadilan

Kabupaten/kota yang masuk dalam dapil Lampung 1 adalah Bandar Lampung, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, dan Pesisir Barat.

Sedangkan dapil Lampung 2 meliputi Lampung Utara, Way Kanan, Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

“Menggunakan metode stratified random sampling dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) masing-masing sebesar ± 4,50% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih,” ucapnya.

Baca: Rakata Gelar Rilis Survei Pilgub, Pileg, dan Pilpres di Lampung

Semua populasi pemilih di masing-masing dapil memiliki kesempatan sama untuk terpilih sebagai responden. Hasilnya, M Alzier Dianis Thabranie muncul sebagai calon anggota DPD paling populer.

Hasil survei Rakata untuk calon DPD RI asal Lampung.
Hasil survei Rakata untuk calon DPD RI asal Lampung. (Tribun Lampung/Beni Yulianto)

Lima kandidat paling populer versi Rakata adalah M Alizier Dianis Thabranie (42,00%), Andi Surya (38%), Anang Prihantoro (35%), Abdul Hakim (24,10%), dan Soleh Bajuri (23,20%).

“Nama Andi Surya, Anang Prihantoro, M Alzier Dianis T, Soleh Bajuri, dan Abdul Hakim nampak mulai unggul secara elektabilitas dibandingkan dengan nama-nama lainnya. Namun, sebesar 59,40% masyarakat Lampung belum menentukan pilihannya dan juga DCT belum final, sehingga masih besar kemungkinan untuk terjadi perubahan peta,” jelasnya. (*)

Penulis: Beni Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help