Kemenag Bandar Lampung: Pelunasan BPIH 2018 terbagi Dua Tahap

tahapan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2018 akan terbagi menjadi dua tahap.

Kemenag Bandar Lampung: Pelunasan BPIH 2018 terbagi Dua Tahap
Antre lunasi biaya haji di BSM Lampung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bandar Lampung Abdul Basid menyatakan, tahapan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2018 akan terbagi menjadi dua tahap.

"Ya hari ini mulai pelunasan BPIH tahun 2018. Untuk biayanya sebesar Rp 34.532.190 untuk Embarkasi Pondok Gede, Jakarta. Emberkasi Pondok Gede meliputi Lampung, Banten dan DKI Jakarta," terangnya, Senin, 16 April 2018.

Baca: Sudah Habis Miliaran, Pria Ini Kaget Wanita yang Dipacarinya Ternyata Berwajah Asli Begini

Pelunasan BPIH tahun 2018 nantinya akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai dari tanggal 16 April-4 Mei 2018 yang diperuntukan, bagi jemaah haji yang lunas tunda.

Baca: Amerika Serikat Hujani Suriah dengan 19 Misil JASSM, Setiap Unitnya Berharga Rp 19 Miliar

"Maksudnya, tahun kemarin atau sebelumnya sudah lunas tapi belum berangkat. Jadi, harus datang ke bank lagi karena biayanya naik maka harus membayar kekurangannya. Jadi nanti akan dapat bukti lunas yang tahun ini," jelasnya.

Kemudian, jemaah haji yang nomor porsinya masuk tahun 2018 akan tetapi belum pernah pergi haji dan sudah berusia 18 tahun. "Maka Itulah kategori jemaah yang bisa melunasi tahap pertama dan itu sudah ada orangnya yakni jumlah kuotanya 7.074 untuk se Provinsi Lampung, sementara untuk Kota Bandar Lampung sekitar 1.662 jumlahnya," paparnya.

Lanjut Basid menerangkan, pelunasan tahap pertama pembayaran BPIH ada tenggat waktu hingga tiga minggu dan jika sampai tanggal 4 Mei 2018 tidak melunasi maka pada pelunasan tahap kedua tidak bisa melunasi lagi karena sudah berganti orang.

Pelaksanaan pelunasan tahap kedua dimulai dari tanggal 16 Mei-25 Mei 2018. Tahap kedua ini diperuntukan jemaah yang gagal pembayaran misal dia berhak lunas tahap pertama tetapi mengalami gagal sistem atau saat datang ke bank sistem gangguan.

"Sehingga pada tanggal 4 Mei 2018 pukul 15.00 WIB uang yang dibayarkan belum masuk ke rekening badan pengelola keuangan haji (BPKH). Kalau seperti ini pada tanggal 16 Mei pelunasan tahap dua masih bisa melunasi lagi," katanya.

Namun dengan ketentuan harus memberikan laporan terlebih dahulu ke kantor Kemenag terlebih dahulu untuk meminta surat keterangan. "Akan tetapi jika tidak melapor dan langsung saja datang ke bank maka tidak bisa," ucapnya.

Selain itu, jemaah haji yang porsinya masuk tapi sudah pernah haji. Dia dulu tahun 2011 sudah pernah haji dan di bulan November dan Desember 2011 daftar lagi.

"Untuk nomor porsi yang daftar di bulan November dan Desember 2011 berhak berangkat tahun ini. Tapi tidak bisa melunasi di tahap pertama, karena di tahap pertama ketentuannya yang belum pernah haji. Bisa melunasi dengan catatan jika masih ada sisa kuota," tegasnya. (eka)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help