Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Festival Teluk Stabas 2018: dari Parade Budaya Hingga Perlombaan Seru

Tahun ini, Festival Teluk Stabas digelar pada hari ini 16 april hingga 23 April 2018..

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESBAR - Provinsi Lampung sangat banyak sekali potensi wisata alamnya. Kali ini ada Festival Teluk Stabas di Kabupaten Pesisir Barat.

Festival Teluk Stabas jadi genderang pembuka gelaran even tahun ini. Festival ini merupakan agenda rutin dan sudah  diselenggarakan untuk kali kelimanya. Tahun ini, Festival Teluk Stabas digelar pada hari ini 16 april hingga 23 april 2018.

Baca: GRAFIS: Cara Bijak Berikan Gadget Pada Anak

Tentu saja banyak kemeriahan yang akan dihadirkan. Ada berbagai perlombaan dan gelaran budaya Lampung Sai Batin. Harapannya bisa menjadi sarana mempopulerkan kearifan lokal Pesisir Barat.

Baca: Beli Tiket Kereta Api via Online Bisa Pilih Kursi dan Gerbong?

Lomba-lomba antara antara lain; Parade Budaya, Lomba Nyulam Tapis, Lomba Nyelimpok Gelamay, Lomba Ngunduh Damar dan Lomba Tari Adat Lampung. Selain itu, ada Lomba Mawalan, Lomba Tari kreasi, Lomba Ngukor Kelapa, Lomba Burung berkicau, Lagu Lampung, lomba kuliner, dan Lomba Video Wisata. 

Untuk parade budayanya mengambil tema “Sasuduk”.  Ini merupakan adat masyarakat pesisir barat yang biasanya digelar saat ada upacara pernikahan atau kematian.

Baca: Bukan Ayu Ting Ting, Artis Cantik Ini Dikhawatirkan Jadi Orang Ketiga Raffi Ahmad-Nagita Slavina

Pada prosesi “Sasuduk” ini, masing-masing keluarga akan membawa bahan makanan di dalam bakul anyaman untuk membantu si empu hajat. Biasanya di dalam bakul anyaman tersebut berisikan beras, gula pasir, garam, kelapa, kue-kue, telur, ayam, sayuran, dan lain-lain. 

Halaman
12
Penulis: dennish prasetya
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help