Bolehkah Tempat Ibadah Jadi Arena Politik? Ulama Terkemuka Ini Beda Pendapat dengan Amien Rais

Bolehkah Tempat Ibadah Jadi Arena Politik? Ulama Terkemuka Ini Beda Pendapat dengan Amien Rais

Bolehkah Tempat Ibadah Jadi Arena Politik? Ulama Terkemuka Ini Beda Pendapat dengan Amien Rais
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin saat ditemui usai dialog kebangsaan Muslimat NU dengan tema Pancasila, Agama dan Negara di Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, Senin (27/3/2017). (KOMPAS.com/Kristian Erdianto) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menegaskan bahwa kegiatan pengajian tidak boleh disusupi unsur politik.

Pernyataan tersebut merespons pernyataan mantan Ketua MPR RI Amien Rais yang mengatakan, kegiatan pengajian harus disusupi isu politik.

Baca: Guru Ini Ungkap Honor yang Diterima Usai Syuting Tayangan Karma, Bisa Renovasi Rumah

"Justru itu (pengajian disusupi isu politik) yang kita harapkan dihindari," ujar Ma'ruf saat dijumpai di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2018).

Bahkan, Ma'ruf juga menentang tempat ibadah dan kantor pemerintah dijadikan tempat untuk politik praktis.

"Jangan ada yang menggunakan tempat ibadah, kantor pemerintah, pengajian-pengajian dijadikan sebagai forum untuk kampanyelah, ringkasnya, ya," ujar Ma'ruf.

Meski demikian, lanjut Ma'ruf, ada sisi pada politik yang tidak menjadi soal apabila dibahas dalam kegiatan keagamaan, yakni politik kenegaraan dan kebangsaan.

"Kalau politik keagamaan, politik kebangsaan dan kenegaraan harus. Kalau politik yang tidak dijiwai agama kan nanti jadi politik tidak santun, kemudian money politik," ujar Ma'ruf.

Mantan Ketua MPR Amien Rais sebelumnya memberikan tausyiah dalam acara tasyakuran satu tahun Ustadzah Peduli Negeri di Balai Kota, Selasa.

Dalam pidatonya yang disampaikan di Balai Agung Balai Kota, Amien beberapa kali menyinggung soal politik.

Halaman
12
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help