Tanggamus Andalkan Dana Desa untuk Entaskan Kemiskinan

Pengentasan kemiskinan harus dijalankan karena ada pendukung yang kuat, yakni dana desa.

Tanggamus Andalkan Dana Desa untuk Entaskan Kemiskinan
Edunews.id
Dana Desa 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Bappeda Tanggamus akan menitikberatkan penggunaan dana desa untuk mengentaskan kemiskinan. 

Menurut Kepala Bappeda Tanggamus Hendra Wijaya, keputusan itu didapat setelah pihaknya mempelajari cara mengentaskan kemiskinan dari Sragen, Jawa Tengah.

"Kita akan membentuk Tim Koordinator Pengentasan Kemiskinan (TKPK) sampai tingkat pekon dengan pendampingan oleh Kasi Kesejahteraan Masyarakat yang ada di tiap kecamatan. Tim itu akan fokus pada sektor sosial, pendidikan dan kesehatan," kata Hendra, Selasa, 1 Mei 2018.

Baca: Siswa SMAN 9 Raih Emas Kejuaraan Karate Asia Tenggara

Baca: VIDEO: Begini Progres Perbaikan Jalinbar Gisting

Pengentasan kemiskinan harus dijalankan karena ada pendukung yang kuat, yakni dana desa. Anggaran di dalamnya besar, yang bersumber dari dana pusat, dan didukung dana daerah. 

Untuk itu, sangat diperlukan peran pihak kecamatan dalam melakukan pendampingan dana desa agar dapat dibuat program pemberdayaan masyarakat.

"Kami berharap Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menjadi ujung tombok program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata Hendra. 

Alasan mengentaskan kemiskinan bertumpu pada dana desa karena sesuai aturan teknis kegunaan dana, ada program padat karya sebesar 30 persen dari kegiatan pembangunan.

"Tentu pekon dan masyarakat tidak dilepas begitu saja untuk memanfaatkan sebagian anggaran dana desa tapi harus ada pendampingan PMD agar mereka dapat bekerja dan mengembangkan potensi yang ada di desanya," jelas Hendra. (*)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help