BREAKING NEWS LAMPUNG

Ini Tanggapan Pemkab Soal Tuntutan Pencairan ADD 2017-2018

Massa disambut langsung oleh Asisten lll Efrizal Rasyad dan meminta perwakilan dari massa untuk masuk kedalam kantor Pemkab.

Ini Tanggapan Pemkab Soal Tuntutan Pencairan ADD 2017-2018
Tribunlampung/Anung
3000 an berasal dari Perangkat desa di Kabupaten Lampung Utara mengadakan unjuk rasa damai, Rabu (9/5). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Sekitar 3000 an berasal dari Perangkat desa di Kabupaten Lampung Utara mengadakan unjuk rasa damai, Rabu (9/5).

Mereka menuntut Pemerintah kabupaten Lampung Utara untuk segera merealisasikan tunggakan ADD pada Tahun 2017 selama 7 bulan dan 5 bulan di 2018.

Baca: 3.000 Perangkat Desa Tuntut Kepastian Pencairan Dana Desa 2017

Awalnya massa berkumpul di Stadion Sukung dan bergerak menuju Kantor Pemkab Lampura dengan berjalan kaki. Dan sesampai dikantor pemkab Lampura massa langsung mengadakan orasi halaman kantor Pemda setempat.

Baca: Asyik, Mendes Janji Tambah Dana KUR Bagi Petambak Bratasena

"Kami menuntut hak kami selama 12 bulan yang belum dibayarkan. Ini bukan ditunggangi politik dan sebagainya, akan tetapi jeritan isi hati selama ini menderita," kata salah seorang Koordinator aksi, Rudi Fadli, salah satu kades kali bening raya, Abung Selatan, Lampung Utara.

Menurutnya, pemerintah telah memberikan janji akan dibayarkannya ADD 2017 selama 7 bulan. Namun, kenyataan dilapangan hal itu berbalik 180 derajat. Jangankan dibayarkan tahun lalu, 2018 pun telah lima bulan ini belum juga direalisasikan.

"Jadi ini bentuk keprihatinan aparat desa, untuk menuntut pemerintah daerah segera mencairkan hak kami. Kita tidak akan pulang, sebelum mereka memberikan kejelasan. Bila perlu minep pun kita tunaikan, sampai asa gambaran jelasnya," pekiknya dalam orasi.

Tak lama berselang para massa di sambut langsung oleh Asisten lll Efrizal Rasyad dan meminta perwakilan dari massa untuk masuk kedalam kantor Pemkab.

Efrizal Rasyad menyampaikan bahwa dirinya belum bisa memberikan kepastian yang jelas terkait masalah kejelasan ADD 2017 maupun 2018. Plt. Bupati Sri Widodo meminta kepada para massa untuk datang hari -Senin (14/5/2018) guna memberikan kepastian tentang ADD tersebut

"jadi saya meminta perwakilan peserta aksi hari ini untuk hari Senin datang kembali ke Pemkab. Karena besok Senin semua pejabat lengkap ada di kantor. Plt. Bupati Sri Widodo akan yang langsung akan memberikan jawaban atas apa yang menjadi tuntutan kalian," katanya.

Sebelum massa membubarkan diri, Edwar salah satu korlap, mengatakan pihaknya akan datang hari Senin untuk memenuhi janji yang telah di berikan oleh Asisten lll tadi. Kalau sampai hari Senin nanti masih tidak ada keputusan maka kami akan gelar aksi kembali dengan membawa massa yang lebih banyak lagi.

Pada saat aksi tersebut, lalu lintas kendaraan sempat dialihkan. Kendaraan roda empat yang dari arah Bandar Lampung menuju Kotabumi melalui jalan Tjoekoel Soebroto, tembus di Jalan Kapten Mustofa, Kotabumi.

Mereka dijaga dengan sekitar 500 personel gabungan, baik dari kepolisian, TNI maupun Bri-mob Lampung. (Ang

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help