Pekon Sukamulya Kecamatan  Pugung Dibayangi 3 Ancaman Bencana

PMI Tanggamus dan American Red Cross antisipasi bencana dengan susun rencana pengurangan risiko bencana.

Pekon Sukamulya Kecamatan  Pugung Dibayangi 3 Ancaman Bencana

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - PMI Tanggamus dan American Red Cross antisipasi bencana dengan susun rencana pengurangan risiko bencana.

Menurut Kepala Markas PMI Kabupaten Tanggamus Encep Saptoni, penyusunan desain dilaksanakan di Pekon Sukamulya, Kecamatan Pugung. Lantas lokasi tersebut diindentifikasikan jenis bencananya.

Baca: Terkapar Seharian, Akhirnya Jasad Terduga Teroris dan 2 Anaknya Dievakuasi

"Kami simpulkan di Pekon Sukamulya ada tiga ancaman bencana yakni banjir, longsor dan kekeringan. Melalui ini masyarakat setempat ke depan bisa lakukan upaya dan langkah, pencegahan atau pengurangan dampak ketiganya," ujar Encep, Minggu 13 Mei 2018.

Baca: Masih Imut dan Lucu, Beredar Foto Keluarga Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di 3 Gereja Surabaya

PMI Tanggamus telah laksanakan pengumpulan data dan ruang melalui kegiatan baseline, survey masyarakat, participatory rural appraisal (PRA). Lalu upaya pengurangan resiko bencana lewat vulnerability and capacity assessment (VCA).

"Kami sangat harapkan peran masyarakat dan aparatur pekon untuk gaungkan pengurangan resiko bencana. Jika bukan masyarakat setempat siapa lagi," terang Encep.

Ia mengaku, peran PMI hanya membantu pasca bencana, tetapi sebelum bencana terjadi, PMI ikut berperan memberikan informasi kepada masyarakat akan ancaman bencana. (tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help