VIDEO: Mengenal Endometriosis, Penyakit yang Membuat Wanita Susah Hamil

Regurgitasi adalah darah haid yang seharusnya keluar saat masa menstruasi, justru berbalik masuk ke saluran telur.

Laporan Live Streaming Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Memiliki keturunan adalah impian setiap wanita yang sudah menikah. Sayangnya, ada berbagai penyakit yang bisa menghalangi impian itu.

Salah satunya adalah endometriosis, penyakit yang kerap menjadi penyebab utama wanita mengalami infertil atau susah mendapatkan keturunan.

Dokter Taufiqurrahman R SpOG (K) dari Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek menjelaskan, endometriosis adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita, di mana endometrium tumbuh di luar rongga rahim.

Baca: Sering Dikira Masjid Al-Aqsa, Inilah Rahasia Seputar Kubah Batu Yerusalem

Ada dua penyebab endometriosis, yakni genetik dan regurgitasi. Regurgitasi adalah darah haid yang seharusnya keluar saat masa menstruasi, justru berbalik masuk ke saluran telur.

Regurgitasi merupakan penyebab paling sering timbulnya endometriosis. Gejala dari endometriosis yakni sakit saat menstruasi. 

Baca: VIDEO: Begini Cara Hindari Kulit Kering Selama Puasa

"Memang tidak semua sakit saat menstruasi berarti kena endometriosis. Tapi saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter, supaya kalau memang kena endometriosis bisa segera mendapat penanganan yang tepat," kata dia, Rabu, 16 Mei 2018.

Penanganan itu tergantung dengan grade endometriosis. Untuk grade 1 atau 2 dengan obat-obatan dan terapi. Tapi kalau sudah grade 3 atau 4 harus dengan obat-obatan dan operasi. (*)

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved