VIDEO: Pesona Bendungan Batu Tegi

Oleh sebab itu, banyak pengunjung yang menyebut turunan ini dengan nama Kelok Delapan.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Panorama hamparan air yang berkolaborasi dengan perbukitan hijau di sekitarnya menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan di Bendungan Batu Tegi, Tanggamus. Konon, Batu Tegi tercatat sebagai salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara.

Bendungan dengan total luas 3.560 hektare ini difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan saluran irigasi untuk beberapa wilayah di Lampung.

Selain itu, Batu Tegi juga menjelma sebagai destinasi wisata. Pesona Bendungan Batu Tegi tak kalah dibandingkan dengan mengunjungi tempat wisata lain di Tanggamus, seperti Teluk Kiluan, Pulau Wayang, Pantai Sawmil, dan Air Terjun Lembah Pelangi.

Bendungan Batu Tegi memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari atas nampak bendungan yang sangat luas.

Baca: Pedagang Bunga Ini Terpukul Mengetahui Uang Bersalin dan Perlengkapan Bayi Hangus Terbakar

Bendungan besar ini juga memiliki banyak spot foto yang sangat keren. Di sekitar bendungan terdapat jalan yang berliku-liku. Jalanan menurun ini menuju bagian dermaga di bawah.

Jalanan ini bertingkat sehingga nampak indah dan juga unik. Semakin menurun bendungan semakin dekat. Namun, semakin ke bawah pemandangan semakin menyempit.

Jalanan menurun ini menyerupai Kelok Sembilan di Sumatera Barat. Oleh sebab itu, banyak pengunjung yang menyebut turunan ini dengan nama Kelok Delapan.

Spot terbaik untuk menikmati pemandangan adalah dari bagian atas perbukitan. Akan tampak hamparan bendungan yang sangat luas dan pemandangan hutan di atasnya.

Berfoto di landmark bendungan ini tidak boleh dilewatkan. Ada tulisan “Bendungan Batu Tegi” yang seolah menempel pada tebing bukit di sisi bendungan.

Baca: Ditinggal Dagang Bunga di Makam, Rumah di Kupang Kota Ludes Terbakar

Halaman
12
Penulis: dennish prasetya
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help