Inilah "Musuh Bersama" Pedagang dan Pembeli Mobil Bekas

Bukan hanya pedagang mobil bekas, konsumen yang ingin menjual juga mengalami kesulitan jika menawarkan sedan di atas 3.000 cc.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Pedagang maupun pembeli mobil bekas punya "musuh bersama". Ternyata ada beberapa model yang sulit untuk dijual kembali dan dibeli oleh konsumen, terutama dengan kapasitas mesin besar.

Menurut Regional Manager Mobil88 area Jakarta Nurfitri Yanuarsyah, tanpa menyebutkan merek dan model, sedan yang punya mesin di atas 3.000 cc sudah pasti sulit untuk dijual kembali kepada konsumen.

"Kecenderungan karena pajaknya juga mahal, dan harganya juga masih cukup mahal untuk sedan seperti itu," ujar pria yang akrab disapa Arsyah ketika ditemui KOMPAS.com di kawasan Jakarta Selatan belum lama ini.

Baca: Sulit Dijual, AHM Suntik Mati Skutik Honda Ini

Sedan dengan kapasitas mesin di bawah 2.500 cc, lanjut Arsyah, masih cukup mudah untuk dijual kembali.

Bukan hanya pedagang mobil bekas, konsumen yang ingin menjual juga mengalami kesulitan jika menawarkan sedan di atas 3.000 cc.

"Kondisinya yang terjadi memang seperti itu. Selain model itu, mudah-mudah saja untuk menjual mobil bekas," kata Arsyah.

Baca: Kisah Mengharukan Bocah 13 Tahun Asal Indonesia yang Tewas Membela ISIS

Kondisi seperti itu juga diakui Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih. Menurut dia, pedagang ketika membeli harus di bawah harga pasar, dan ketika menjual lagi harus lebih mahal.

Mercedes-Benz di bursa mobil bekas Kemayoran.
Mercedes-Benz di bursa mobil bekas Kemayoran. (Febri Ardani/Otomania.com )

"Kalau dari kami menyebutkanya seperti batu akik, untungnya juga harus besar jika menjual mobil seperti itu. Terkadang ada yang baru satu tahun dipajang baru laku terjual," ujar Herjanto saat dihubungi KOMPAS.com, Kamis (17/5/2018).

Herjanto melanjutkan, bukan hanya sedan tetapi sport utility vehicle (SUV) mewah dengan kapasitas mesin besar juga sulit untuk dijual kembali.

"Pasarnya ada, tetapi sangat kecil. Selain harga mahal, pajaknya juga tinggi, itu yang bikin males konsumen beli," ucap Herjanto. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Perhatikan Mobil Bekas yang Jarang Dilirik Pembeli

Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help