Home »

Metro

Hanya 4 dari 15 Bus di Metro Layak Jalan

Adapun pengecekan administrasi terkait izin trayek, kartu pengawasan, buku uji KIR, dan kelengkapan surat-surat lainnya.

Hanya 4 dari 15 Bus di Metro Layak Jalan
Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
Petugas memasang stiker pada bus yang lolos uji laik di Terminal 16C Metro, Kamis, 24 Mei 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Tim gabungan Satlantas dan Dinas Perhubungan Kota Metro melakukan uji laik bus antarkota dalam provinsi di Terminal 16C Metro, Kamis, 24 Mei 2018. Dari 15 bus yang dicek, hanya empat yang dinyatakan lolos.

Kepala Satlantas Polres Metro Ajun Komisaris M Kasyfi Mahardika mengatakan, pengecekan dalam rangka melihat kesiapan angkutan dari sisi teknis maupun administrasi. 

Dari sisi teknis, pemeriksaan menyangkut sistem pengereman, lampu, spidometer, dan ban.

Baca: VIDEO: Hanya Satu Bus di Bakauheni Lolos Uji Laik

Adapun pengecekan administrasi terkait izin trayek, kartu pengawasan, buku uji KIR, dan kelengkapan surat-surat lainnya.

"Untuk awak kendaraan dan petugas itu sudah baik. Ada 22 orang dalam keadaan sehat. Sementara dari 15 kendaraan yang diuji, hanya empat unit yang laik jalan. Sementara sisanya itu tidak laik jalan," bebernya.

Baca: Kepala BNNP: Mau Polisi, Mau Kalapas, Semua Sama Aja!

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Metro Michael Suyono menambahkan, jika ditemukan pelanggaran dalam uji kelaikan, bus akan dikembalikan ke pul untuk dilakukan perbaikan.

"Perbaikan tadi itu. Misal teknis seperti lampu-lampu, sedangkan administrasi soal surat. Itu harus dibenahi dulu sampai sebelum arus mudik. Sebelum itu diperbaiki, kita tidak akan berikan stiker angkutan mudik," ungkapnya. (*)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help