Kapolda Resmikan Ide Si Cantik di Tulangbawang Barat

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, apabila di masyarakat terjadi permasalahan yang ringan, agar dapat diselesaikan secara adat/musyawarah mufakat.

Kapolda Resmikan Ide Si Cantik di Tulangbawang Barat
Tribun Lampung/Endra Zulkarnaen
Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana (kedua kiri) meresmikan Pelayanan publik Ide Si Cantik di Mapolres Persiapan Tulangbawang Barat di Panaragan Jaya, Kamis, 24 Mei 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnaen

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana didampingi Direktur Dinmas Polda Lampung Kombes Pol Johni Soeroto secara simbolis meresmikan pelayanan publik di Mapolres Persiapan Tulangbawang Barat di Panaragan Jaya, Kamis, 24 Mei 2018.

Pelayanan publik ini diberi nama Ide Si Cantik, yang merupakan singkatan dari Identifikasi, SIM dan SKCK (surat keterangan catatan kepolisian).

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, apabila di masyarakat terjadi permasalahan yang ringan, agar dapat diselesaikan secara adat/musyawarah mufakat.

Baca: Sejarah Kelam Indonesia vs Malaysia di Piala Thomas: Istilah ”Serumpun” Berubah Menjadi ”Bebuyutan”

Musyawarah mufakat diperlukan untuk kepentingan masyarakat bersama bukan untuk kepentingan kelompok tertentu.

“Dengan diresmikannya pelayanan publik ini, masyarakat yang ada di Kabupaten Tulangbawang Barat tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke Polres Tulangbawang untuk membuat SIM dan SKCK,” terang Kapolda.

Kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat, Suntana berharap agar selalu memperhatikan lingkungannya dari tindak kiriminalitas.

Apabila ada masyarakat yang memiliki perilaku menyimpang dan menyalahgunakan narkoba, Suntana mengimbau masyarakat agar segera melapor kepada pihak kepolisian.

Baca: Muchlis Adjie Resmi Pakai Rompi Tahanan BNNP

"Termasuk bila terdeteksi adanya paham radikalisme di wilayahnya, mohon kiranya masyarakat dapat segera melaporkan kepada polisi,” pinta Kapolda.

Suntana pun berjanji mengupayakan berdirinya Polres Tulangbawang Barat. “Saya berjanji, di awal tahun 2020 akan direncanakan pembangunan Mapolres Tulangbawang Barat," tandasnya.

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengatakan, Tubaba mempunyai julukan Nenemo, yang berasal dari kata Nemen, Nedes, dan Nerimo.

Menurut Umar, di usianya yang ke-9, kabupaten yang dipimpinnya itu sudah sangat mendambakan kehadiran polres definitif.

“Di usianya yang ke-9 tahun, walaupun angka kriminalitas masih relatif, diharapkan dengan segera dibentuknya Polres Tulangbawang Barat, kepolisian dapat bergerak dengan cepat untuk mengatasi kriminalitas yang terjadi, sehingga tercipta situasi kondusif,” kata Umar di hadapan Kapolda. (*)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved