Ramadan 1439 H

Ini Besaran Ganjaran Pahala Beri Makan Orang Puasa

Assalamualaikum wr wb. Yth MUI Lampung. Menjelang berbuka puasa, beberapa ibu rumah tangga

Ini Besaran Ganjaran Pahala Beri Makan Orang Puasa
Tribunlampung/Dennish
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Assalamualaikum wr wb. Yth MUI Lampung. Menjelang berbuka puasa, beberapa ibu rumah tangga di lingkungan saya kerap mengantarkan makanan untuk berbuka puasa ke masjid.

Bagaimana sebenarnya pahala memberi makanan kepada orang yang berpuasa?

Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

Pengirim: 081279237xxx

Serupa Orang Berpuasa

Orang yang memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang sedang berpuasa, baginya diberikan pahala semisal pahala orang berpuasa, yang ia beri makanan untuk berbuka, tanpa sedikit pun mengurangi pahalanya orang yang berpuasa itu.

Baca: Ini Tanda Anak Sudah Wajib Puasa Ramadan

Imam Al-Baghawi dalam tafsirnya menyampaikan tentang hal itu. Dari Sa’id bin Musayab dari Salman, ia berkata, “Rasulullah SAW berkhutbah kepada kami di hari terakhir bulan Sya’ban. Beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadan maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikit pun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut’."

“Allah akan memberikan pahala yang demikian ini kepada orang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, meskipun hanya dengan susu encer, sepotong kurma, atau seteguk air. Dan barang siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaku di mana setelahnya ia tak akan haus sampai masuk ke dalam surga.” (Al-Husain bin Mas’ud Al Baghawi, Tafsir Ma’alimut Tanzil [Kairo: Darul Alamiyah, 2016], jilid 1, hal 196-197).

KH Munawir
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved