Nissan Digugat Konsumen karena Masalah Ban Cadangan

Tiga pemilik Nissan Elgrand 2.5 HIGHWAY STAR (4X2) A/T melakukan upaya hukum atas tidak tersedianya tempat dan ban cadangan.

Nissan Digugat Konsumen karena Masalah Ban Cadangan
Autoblog
Nissan Elgrand 2014 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Tiga pemilik Nissan Elgrand 2.5 HIGHWAY STAR (4X2) A/T, David Tobing, Agus Soetopo, dan Dessy Tiurlan, melakukan upaya hukum atas tidak tersedianya tempat dan ban cadangan.

Ketiganya melakukan gugatan hukum terhadap PT Nissan Motor Indonesia, Nissan Motor Distributor Indonesia, dan Menteri Perhubungan.

Dari keterangan yang diberikan David, gugatan sudah terdaftar di Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat dengan nomor register 317/PDT.G/2018/PN.JKT.PST.

Menurut David, pengacara sekaligus Ketua Komunitas Konsumen Indonesia, pihak yang digugat melanggar Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Menurut dia, peraturan itu mewajibkan pihak produsen, distributor, atau importir, menyertakan tempat dan ban cadangan pada kendaraan sebagai syarat uji tipe.

“Kalau memang aturannya masih berlaku ya berarti harus ditaati.

Ini tujuannya agar jangan ada pilih kasih, jangan ada yang lolos dan ada yang tidak,” kata David kepada KOMPAS.com, Rabu (6/6/2018).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dikatakan juga bertanggung jawab atas kerugian yang dialami penggugat terkait hal itu, sebut David.

Sebab, Kemenhub yang mengeluarkan Sertifikat Uji Tipe (SUT).

David menilai Kemenhub telah melakukan kegiatan perbuatan melanggar hukum karena telah mengeluarkan SUT untuk Nissan Elgrand yang dibeli para penggugat.

Halaman
12
Tags
Nissan
Editor: muhammadazhim
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help