Pilgub Lampung 2018

Terbukti Ikut Kampanye Ridho-Bachtiar, Kades Suka Mulya Divonis 1 Bulan Penjara

Kepala Desa Suka Mulya, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara, Yayat, divonis satu bulan penjara.

Terbukti Ikut Kampanye Ridho-Bachtiar, Kades Suka Mulya Divonis 1 Bulan Penjara
Tribun Lampung/Dodi Kurniawan
Pilgub Lampung (ilustrasi) 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG BENI YULIANTO DAN ANUNG BAYUARDI

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Kepala Desa Suka Mulya, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara, Yayat, divonis satu bulan penjara.

Ia dinyatakan terbukti ikut serta dalam kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung nomor urut 1 M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri.

Vonis dibacakan oleh majelis hakim dalam persidangan inabsensia di Pengadilan Negeri Kotabumi, Kamis (7/6/2018). Arti dari persidangan inabsensia adalah terdakwa (Yayat) tidak hadir dalam sidang.

"Sudah diputus 1 bulan penjara oleh majelis hakim PN Kotabumi. Cuma, yang bersangkutan tidak hadir. Jadi, putusan inabsensia," ujar Ketua Panwaslu Lampung Utara Zainal Bachtiar melalui ponsel.

Zainal menjelaskan, kades Suka Mulya didakwa dengan pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Pasal itu mengatur larangan keterlibatan kepala desa atau lurah dalam kegiatan kampanye pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, dan kepala desa atau sebutan lain/lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Dalam hal ini, kades tersebut disangkakan melakukan kampanye yang menguntungkan salah satu pasangan calon," papar Zainal.

Kasus ini bermula saat Panitia Pengawas Lapangan menemukan dugaan pelanggaran netralitas kades saat kampanye pasangan cagub-cawagub petahana Ridho-Bachtiar, Selasa, 15 Mei lalu.

Dalam kampanye Pilgub Lampung 2018 itu, Zainal mengungkapkan, kades Suka Mulya menyampaikan sambutan.

"Terdapat unsur ajakan kepada warga, arahan untuk memilih salah satu pasangan calon," kata Zainal.

Halaman
12
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help