Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Olahraga Memanah Digandrungi Masyarakat Hingga Publik Figur

Publik figur Lampung yang sempat turut berlatih memanah di sini adalah Ketua DPRD, Wiyadi bersama dengan kerabatnya.

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Lima wanita berhijab dan satu pria tampak berdiri berjajar dengan busur dan anak panah di tangan fokus memandang ke arah sasaran target yang berada di hadapan mereka.

Lokasi latihan memanah tersebut berada di lapangan berpagar bambu seluas 500 meter persegi berlokasi di Jalan Raden Gunawan II, Rajabasa Bandar Lampung.

Baca: Jelang Idul Fitri 1439 Hijriah, Mulai Beredar Meme Kocak Tentang Lebaran. Ini 15 Diantaranya

Kemudian, mereka membidikan dan melepaskan anak panah ke masing-masing sasaran target dengan cepat dan berulang-ulang. Hal itu dilakukan guna mengetahui kemampuan membidik anak panah tepat ke arah sasaran target.

Perlu diketahui bahwa, kegiatan latihan memanah tersebut bukan dilakukan oleh atlet panahan. Melainkan warga biasa dari Bandar Lampung yang memiliki hobi memanah. Mereka tergabung dalam komunitas Lampung Horsebow Center (LHC).

Arafat Panji Sinum, Founder LHC (Lampung Horsebow Center) Lampung, menuturkan LHC merupakan wadah panahan yang awalnya diberinama Lampung Horsebow Club (LHC).

Baca: Perempuan Wajib Tau, Ini 3 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur

"Wadah panahan ini awalnya Lampung Horsebow Club, karena saat itu kebingunan kasih nama. Dan untuk sekarang namanya Lampung Horsebow Center (LHC)," jelasnya, Minggu (10/6).

Tempat latihan memanah ini awalnya didirikan oleh dua orang yaitu Muhammad Raditia Kusuma, dan Arafat Panji Sinum. Awalnya, sempat latihan panahan dengan teman waktu itu namun belum booming di tahun 2015, akhirnya buat tempat pelatihan di Lampung.

"Sebenarnya di awal itu latihan panahan modern. Waktu itu mainkan panahan modern jenis busur standarbow, kemudian kenal Muhammad senang dengan sejarah dan hobi main games perang-perangan dan dikenalkan dengan horsebow," tuturnya.

Orang zaman dulu ternyata mainnya adalah jenis horsebow dan jika ambil sejarah Islam pengguna jenis panah ini paling dekat dengan kekhalifahan Turki Usmani.

Halaman
123
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help